Pj Bupati Enrekang dan Pj Ketua TP-PKK Sambut Meriah Upacara Tradisi Maccera Manurung di Desa Pasang

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, dan Pj ketua TP-PKK Siti Rabiah Baba menghadiri upacara tradisi Maccera Manurung di desa Pasang, kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Jumat (29/12/2023).

Turut hadir ketua DPRD Enrekang, Kejari Enrekang, Forkopimcam, kader TP-PKK Enrekang, dan beberapa pimpinan OPD.

Meskipun di guyur hujan lebat, proses upacara Maccera Manurung tetap berlangsung dengan penuh khidmat.

Acara ini dihadiri ribuan warga lokal maupun warga perantau, karena tradisi Maccera Manurung memang sangat ditunggu-tunggu, yang diadakan sekali dalam dua tahun.

Salah seorang tokoh adat setempat, Muslim menyatakan, pelaksanaan Maccera Manurung, 2 bulan sebelum pelaksanaan, itu kita duduk bersama-sama pemangku adat. Maccera Manurung ini, diadakan 2 tahun sekali, antara bulan November dan Desember setelah masa padi habis dipanen semua.

“Maccera Manurung ini dilaksanakan pada waktu tahun-tahun ganjil, antara bulan November atau Desember, itu nanti dilaksanakan kalau masyarakat sudah panen semua,” jelasnya.

Pada saat upacara, To Manurung menyampaikan pesan-pesan moral kepada warga masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan doa agar manusia selamat dan sukses dalam aktivitas sehari-hari.

Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba menyampaikan apresiasi dan terimakasih. Meskipun acara Maccera Manurung di guyur hujan. “Itu tandanya bahwa kita ini di berkahi,” ucap H. Baba kepada media ini, jumat (29/12/2023)

Pemerintah daerah sangat mendukung dan perlu dilestarikan sebagai budaya kita bersama. Dan berharap agar desa Pasang ini menjadi salah satu objek destinasi wisata.

Baca juga :  Ketua KPU Selayar Hadiri Diskusi Demokrasi dan Pelantikan Pimpinan IMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Cepat dan Tanggap, Pelayanan UGD Puskesmas Banyuanyar Mendapat Apresiasi Keluarga Pasien

PEDOMANRAKYAT, SAMPANG - Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, setiap...

Ruslan : Ketua KPPS TPS 40 Kelurahan Katimbang Diduga Tukar Suara Caleg

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam setiap penyelenggaraan pemilu, mau tidak mau suka tidak suka persoalan atau perkara pemilu akan...

Pj. Ketua TP. PKK Sinjai Apresiasi Demo Pembuatan Roti

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke 460 Tahun, Dins Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja...

Gelar Patroli Pagi, Kapolsek Bontoala Turun Langsung Urai Kemacetan dan Beri Edukasi Juru Parkir

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, Kapolsek Bontoala Kompol Muhammad Idris,...