spot_img

Ini Upaya Dinsos Sinjai Percepat Turunkan Stunting

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai serius dalam hal intervensi percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Sinjai.

Dalam menjalankan hal tersebut, setidaknya ada 10 Perangkat Daerah (instansi) di Lingkup Pemkab Sinjai melaksanakan program percepatan penurunan stunting.

Salah satu instansi yang diharapkan punya peran dalam penanganan stunting ini adalah Dinas Sosial (Dinsos). Masing-masing instansi punya inovasi atau program kerja sesuai tupoksinya dalam penanganan stunting.

Kepala Dinas Sosial Sinjai Andi Muh. Idnan saat ditemui, Kamis (4/1/2024) di Ruang Kerjanya mengatakan, salah satu program prioritas Pj. Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah adalah percepatan penurunan stunting.

Pada instansi yang dipimpinnya, memiliki program yang dinamakan ‘DTKS Lupa Stunting’. Program tersebut merupakan salah satu intervensi Pemerintah melalui Dinsos untuk mengurangi prevalensi stunting.

DTKS Lupa Stunting ini adalah program pemberian bantuan sosial kepada masyarakat terkena stunting dan ibu hamil yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Melalui program ini, kata dia, ada sekitar 199 penderita stunting dan 18 orang ibu hamil yang mendapatkan bantuan sosial berupa telur, susu, biskuit, ikan segar hingga vitamin.

“Bantuan ini sudah kita serahkan sebanyak dua kali secara bertahap pada bulan Desember 2023 lalu dan kita libatkan seluruh stakeholder untuk mengawasi bantuan ini agar tepat sasaran termasuk kita libatkan pendamping PKH,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah emberikan bantuan sosail serupa untuk 23 lokus desa/kelurahan percepatan penuruan stunting yang telah sitetapkan oleh Pemerintah daerah.

Baca juga :  Bupati Maros Jamin Pasar Rakyat Bangkit Melalui Dukungan Perbankan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj. Bupati Sinjai Resmi Tutup Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XLIII...

Diikuti 11 Kecamatan, Pj Bupati Jeneponto Buka MTQ ke- 45 Tingkat Kabupaten

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO. - Pj. Bupati Jeneponto Junaedi.B membuka MTQ ke 45 tahun 2024 bertempat di Dusun Pallantikan...

Menuju Indonesia Maju, Polres Toraja Utara Gelar Latpra Ops Keselamatan Pallawa 2024

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Keselamatan Pallawa 2024 di...

Perjalanan Tri-Lintas (5) : Mengenal Gerakan Taliban

Oleh : Musdah Mulia Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung etnis Pashtun yang secara efektif menguasai hampir...