spot_img

Poros Lawo Soppeng – Bainange Barru Kini Jadi Jalur Alternatif

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT,SOPPENG – Poros Lawo Walemping Tanadarae Kabupaten Soppeng – Bainange Takkalasi Kabupaten Barru kini menjadi jalur alternatif yang menghubungkan kedua daerah tetangga dan sekitarnya .

Koordintar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Soppeng Anwar ketika dikonfirmasi pedomanrakyat.co.id lewat telepon seluler kemarin membenarkan jalur Lawo Walemping – Bainange Takkalasi Barru sepanjang 34 km masing masing 17 km di wilayah Soppeng serta di wilayah Kabupaten Barru juga 17 km sudah mulai ramai dilewati kendaraan .

Tiga buah jembatan permanen di jalur bypass ini juga sudah bisa dilewati kendaraan .Dengan demikian masyarakat Soppeng yang ingin ke Barru atau Pare Pare dan sebaliknya sudah ada pilihan jalur alternatif ,sekaligus memangkas jarak dan waktu tempuh sekitar 30 km karena tidak perlu lagi lewat Buludua Pekkae atau Pare Pare .

Sejak statusnya ditingkatkan menjadi jalan provinsi ,Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelontorkan anggaran APBD I ratusan milyar rupiah secara bertahap . Untuk tahun 2023 poros ini mendapat alokasi anggaran APBD I Sulsel Rp73,2 milyar untuk kelanjutan pembangunan jalan sepanjang 12,1 km dan lebar 7 meter .

“Sekarang masih tersisa sekitar 4 km dari Lawo ke Galunglangie di wilayah Kabupaten Soppeng yang belum tersentuh proyek diharapkan bisa mendapat alokasi anggaran pada APBD TA 2024” ,harap Anwar .

Sepanjang perjalanan pemakai jalan sekaligus menikmati panorama alam yang indah ,sejuk ,nyaman yang masih alami Diperoleh informasi pedagang ikan segar dari Barru ke sejumlah pasar di Soppeng sudah ramai lewat poros ini .Cuma pemakai jalan diingatkan harus ekstra hati hati karena banyak pendakian/penurunan panjang dan tikungan tajam , selain mesin juga rem kendaraan harus dalam kondisi prima.

Baca juga :  Alwi Bawaslu Minta Respon Cepat 4 Usulan Kepada KPU Bone Pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Dr. H. Baba, Dukung USAID dan Muhammadiyah Perkuat Layanan Kesehatan Primer, di Enrekang

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat (MPKU-PP) Muhammadiyah, bekerjasama dengan USAID MENTARI-PHC, menyelenggarakan "Lauching...

Gelar Demonstrasi, Mahasiswa Minta Bupati dan Raja Gowa Selesaikan Kisruh Pengelolaan Istana Balla Lompoa

PEDOMANRAKYAT, GOWA - Kerajaan Gowa terima aspirasi puluhan Mahasiswa di Jalan Mangka Daeng Bombong, Somba Opu, Kamis (18/7/24)...

Cetak Generasi Cerdas, Pj. Bupati Sinjai Ajak Warga Sukseskan Sub PIN Polio

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah mengajak seluruh masyarakat berperan aktif mendukung pelaksanaan Sub Pekan...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...