spot_img

Jelang Imlek 2024 Yayasan Klenteng Kwan Kong Gelar Prosesi Pemindahan Dewa Kwan Kong di Gedung Baru

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar gelar prosesi Sakral Rupang Dewa Kwan Kong di gedung baru Klenteng Kwan Kong Jl. Sulawesi No 172 Makassar, Rabu (10/1/2024).Gedung ini sebelumnya telah selesai proses renovasi, yang memiliki delapan lantai.

Prosesi tersebut yakni memindahkan sejumlah rupang dewa dari gedung lama ke gedung baru Klenteng Kwan Kong Makassar yang mulai difungsikan.

Klenteng Kwan Kong adalah salah satu klenteng tertua di kota Makassar dan memiliki dua puluh lima obyek penghormatan di dalamnya.

Adapun pemindahan Rupang Dewa diantaranya: Rupang Dewa Kwan Kong besar, Rupang Dewa Kwan Kong kecil, Rupang Dewa Kwan Phing, Rupang Dewa Cou Chang, Rupang Dewa Kuda dan Joki, Rupang Dewa Tabib Hua Tho, Prasasti Dewa Thai Sui, Rupang Dewa Macan, Rupang Dewa Rejeki (Chai Shen), Rupang Dewa Pintu (Meng Kuah).

Wakil Sekertaris Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar Miguel Dharmadjie, menjelaskan pemindahan rupang sengaja dilaksanakan pada 10 Januari 2024. Alasannya, terdapat hari-hari baik tertentu yang paling cocok untuk melakukan kegiatan sakral.

“Sebenarnya ada beberapa hari, tapi hari ini yang dipilih dan yang terbaik. Kita undang jam 7.30 karena memang waktu ini Dewa Kwan Kong harus menempati singgahsananya,” jelasnya.

Ia menambahkan, di Klenteng Kwan Kong Makassar terdapat sekolah minggu dan nantinya pemerintah siap mensupport pendidikan tersebut.

“Ini tujuannya semata-mata untuk memberikan stimulus agar lebih bersemanagat, dan berkeyakinan, serta berbakti kepada leluhur,” katanya.

Miguel menjelaskan, proses pemilihan rupang dewa terakhir dilaksanakan pada tahun 1980-an. Sebab, proses ini tidak sembarang dilakukan, hanya pada saat terdapat pemindahan Rupang Buddha.

Baca juga :  Kanwil Kemenkumham Papua Barat Diseminasi Layanan Perseroan Perorangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Bersama Istri, PJ. Bupati Sinjai Mencoblos di TPS 1 Kelurahan Biringere

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai TR. Fahsul Falah menggunakan hak pilihnya di tempat Pemungutan Suara (TPS) 1...

Obituari M Anis Kaba ; Penyair Nyanyian Alam itu Telah Tiada

Sehabis tidur siang usai tiba di rumah bersama istri yang dirawat dua hari di Inggit Medical Center (IMC)...

Lokakarya Jurnalistik Bahas Transportasi Rendah Emisi Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) menggelar Lokakarya Jurnalistik bekerjasama dengan United Kingdom Partnering for Accelerating...

Tingkatkan Nilai Keagamaan Anak, Mahasiswa KKN UIN di Desa Kalola Gelar FAS

Kontributor: Abd Rahim Hasan PEDOMANRAKYAT, WAJO. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Posko 5...