spot_img

Jelang Imlek 2024 Yayasan Klenteng Kwan Kong Gelar Prosesi Pemindahan Dewa Kwan Kong di Gedung Baru

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar gelar prosesi Sakral Rupang Dewa Kwan Kong di gedung baru Klenteng Kwan Kong Jl. Sulawesi No 172 Makassar, Rabu (10/1/2024).Gedung ini sebelumnya telah selesai proses renovasi, yang memiliki delapan lantai.

Prosesi tersebut yakni memindahkan sejumlah rupang dewa dari gedung lama ke gedung baru Klenteng Kwan Kong Makassar yang mulai difungsikan.

Klenteng Kwan Kong adalah salah satu klenteng tertua di kota Makassar dan memiliki dua puluh lima obyek penghormatan di dalamnya.

Adapun pemindahan Rupang Dewa diantaranya: Rupang Dewa Kwan Kong besar, Rupang Dewa Kwan Kong kecil, Rupang Dewa Kwan Phing, Rupang Dewa Cou Chang, Rupang Dewa Kuda dan Joki, Rupang Dewa Tabib Hua Tho, Prasasti Dewa Thai Sui, Rupang Dewa Macan, Rupang Dewa Rejeki (Chai Shen), Rupang Dewa Pintu (Meng Kuah).

Wakil Sekertaris Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar Miguel Dharmadjie, menjelaskan pemindahan rupang sengaja dilaksanakan pada 10 Januari 2024. Alasannya, terdapat hari-hari baik tertentu yang paling cocok untuk melakukan kegiatan sakral.

“Sebenarnya ada beberapa hari, tapi hari ini yang dipilih dan yang terbaik. Kita undang jam 7.30 karena memang waktu ini Dewa Kwan Kong harus menempati singgahsananya,” jelasnya.

Ia menambahkan, di Klenteng Kwan Kong Makassar terdapat sekolah minggu dan nantinya pemerintah siap mensupport pendidikan tersebut.

“Ini tujuannya semata-mata untuk memberikan stimulus agar lebih bersemanagat, dan berkeyakinan, serta berbakti kepada leluhur,” katanya.

Miguel menjelaskan, proses pemilihan rupang dewa terakhir dilaksanakan pada tahun 1980-an. Sebab, proses ini tidak sembarang dilakukan, hanya pada saat terdapat pemindahan Rupang Buddha.

Baca juga :  Bupati Sinjai Hadiri Langsung Upacara Peringatan HUT Pramuka Ke-61 di Cibubur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj.Bupati Jeneponto Junaedi Bakri: Masyarakat Harus Lebih Nyenyak Tidurnya Ketimbang Pemerintah

PEDOMAN RAKYAT, JENEPONTO.-Pj.Bupati Jeneponto Junaedi Bakri,SH,.Sos dihadapan peserta acara puncak peringatan Hari Jadi Kabupatan Jeneponto ke 161 tahun...

KOOPS HABEMA Gelar Teritorial Pelayanan Dasar Masyarakat Papua

PEDOMANRAKYAT, TIMIKA - Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA menggelar kegiatan Teritorial sejak tanggal 3 April 2024 hingga...

Blusukan di Pemukiman Warganya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mampu Rutin Patroli

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tingkatkan blusukan dan patroli dialogis di pemukiman warganya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mampu mengajak masyarakat untuk mendukung...

Gencarkan Patroli, Polsek Ujung Tanah Berikan Rasa Aman dan Nyaman Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya, Polsek Ujung Tanah Polres Pelabuhan Makassar...