Menteri Nadiem Buka SJI di Bandung

Bagikan:

Tanggal:

Dahlan Abubakar, Satu-satunya Pengajar Luar Jawa 

PEDOMAN RAKYAT, BANDUNG. Tokoh Pers versi Dewan Pers dan wartawan senior Sulawesi Selatan, M.Dahlan Abubakar, menjadi satu-satunya pengajar dari luar Pulau Jawa yang membawakan materi pada Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI), yang dibuka Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Nadiem Makarim, Selasa (6/2/2024) di Gedung PWI Jawa Barat Jl. Wartawan II Bandung.

Dahlan Abubakar yang juga anggota Komisi Pendidikan Pengurus PWI Pusat periode 2023-2028 membawakan materi berjudul “Berpikir Kritis dan Kreatif” di depan 31 peserta yang berasal dari kabupaten, kota di Jawa Barat, Rabu (7/2) siang.

Dalam presentasinya disampaikan melalui zoom (daring), Sekretaris PWI Sulawesi Selatan periode 1988-1993 tersebut mengatakan, seorang jurnalis merupakan sosok intelektual yang harus berpikir kritis dan kreatif. Sebagai orang yang berpikir kritis, wartawan harus memiliki: imajinasi dan kreativitas yang tinggi; rasa ingin tahu yang tinggi, minat yang tinggi terhadap suatu hal, berani mengajukan pendapat terhadap suatu, dan mampu mengingat hal-hal yang dialami.

Setelah dibuka Menteri Nadiem pada pagi hari, SJI diawali pada siang hari dengan materi awal berjudul “Filosofi Profesi Wartawan” dibawakan Marah Sakti Siregar (Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat), dan “Wawasan Kebangsaan dalam Jurnalistik” dibawakan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch.Bangun.

Pada hari kedua, topik “Integritas” dibawakan Prof.Dr.Ibnu Hamad, dosen FISIP UI, dilanjutkan dengan materi “Berpikir Kritis dan Kreatif” oleh M.Dahlan Abubakar. Suprapto membawakan materi “Mencari dan Mengembangkan Berita” serta Teknik Wawancara dibawakan Ahmad Kurnia, Eka Putra Nasir, dan Haryo Ristamaji.

Baca juga :  Masjid Islamic Center Sinjai Ditetapkan Lokasi Salat Idul Fitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Cepat dan Tanggap, Pelayanan UGD Puskesmas Banyuanyar Mendapat Apresiasi Keluarga Pasien

PEDOMANRAKYAT, SAMPANG - Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Banyuanyar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur, setiap...

Ruslan : Ketua KPPS TPS 40 Kelurahan Katimbang Diduga Tukar Suara Caleg

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam setiap penyelenggaraan pemilu, mau tidak mau suka tidak suka persoalan atau perkara pemilu akan...

Pj. Ketua TP. PKK Sinjai Apresiasi Demo Pembuatan Roti

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke 460 Tahun, Dins Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja...

Gelar Patroli Pagi, Kapolsek Bontoala Turun Langsung Urai Kemacetan dan Beri Edukasi Juru Parkir

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, Kapolsek Bontoala Kompol Muhammad Idris,...