spot_img

Gelar SIPD-RI, Sekda Wajo : Pentingnya Mengelola APBD Melalui Sistem

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar Pendampingan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI) Tahun 2024 Modul Penatausahaan Keuangan. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo Ir Armayani, M.Si, di Hotel Ibis Styles, Jalan Dr Sam Ratulangi Nomor 03, Kota Makassar, Kamis pagi (08/02/2024) sekira pukul 09.00 Wita.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Wajo Ir Armayani, M.Si mengungkapkan, kegiatan ini adalah pendampingan SIPD-RI yang telah diterapkan mulai tahun 2024.

“Kalau sebelumnya itu memang sudah SIPD, namun masih standar, nah SIPD-RI 2024 ini ada perubahan sedikit, terkait kode-kode akun atau pun nomenklatur yang ada di aplikasi itu, maka dari itu dilakukanlah pendampingan hari ini utamanya pada proses penatausahaan keuangan daerah,” jelasnya.

Saat ditanya oleh media ini terkait perbedaan antara SIPD dengan SIPD-RI, sembari tersenyum Sekda Wajo mengatakan, terdapat penyesuaian-penyesuaian dari yang sebelumnya.

“Kalau SIPD yang lalu itu belum sepenuhnya bisa melakukan foto copy proses bisnis dari pengelolaan keuangan itu, sampai mulai dari perencanaan penganggaran sampai pelaporan itu,” ujarnya.

Lanjut Sekda Wajo berpangkat Pembina Utama Madya itu, jadi SIPD-RI ini adalah penyempurnaan dari aplikasi yang ada sebelumnya.

“Sejatinya, kami baru menggunakan aplikasi SIPD itu pada tahun 2023. Jadi tahun 2024 ini adalah penyempurnaan dan inilah teman-teman yang hadir di tempat ini adalah para pejabat Penatausahaan keuangan, para bendahara pengeluaran dan penerima, karena semua ini masuk dalam proses penatausahaan,” timpalnya.

Urai Ir Armayani lagi, para peserta kali ini sangat luar biasa, yaitu ada 3 (tiga) yaitu, pengelola Pendapatan Asli Daerah alias PAD dan bendahara penerima/pengeluaran, beserta Pejabat Penatausahaan Keuangannya atau PPK.

Baca juga :  Pengecer Pupuk Fasilitasi Kelompok Tani Bone Bertemu Penyuluh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Penuh Histeris dan Misterius “Kitab Dari Iblis” Visualisasi Horor Kisah Kelam Setan Patampuloa, Manajemen PH : Tunggu Tayangannya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Tampil beda dari yang lain, salah satu Production House (PH) di Kota Makassar gegerkan dunia...

Pj Bupati Dr. H. Baba, Dukung USAID dan Muhammadiyah Perkuat Layanan Kesehatan Primer, di Enrekang

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat (MPKU-PP) Muhammadiyah, bekerjasama dengan USAID MENTARI-PHC, menyelenggarakan "Lauching...

Wujudkan Kamtibmas Kondusif, Polisi RW Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Dialogis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polisi RW 04 Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, melaksanakan sambang dan tatap muka serta...

Antisipasi Kerawanan Kamtibmas, Polsek Ujung Tanah Gencar Lakukan Patroli

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Personel penjagaan dan piket fungsi Polsek Ujung Tanah Polres Pelabuhan Makassar, melakukan patroli wilayah dengan...