spot_img
spot_img
spot_img

Tahun Baru Imlek 2024: Di Tahun Naga Kayu, Lima Shio akan Beruntung

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. – Menurut penanggalan Tionghoa, Tahun Baru Imlek 2024 atau 2575 menandai dimulainya Tahun Naga. Kalender Tionghoa adalah penanggalan yang menggunakan peraturan matahari dan perputaran bulan ( lunisolar ).

Bila di hitung berdasarkan kalender Masehi, Tahun Baru Imlek selalu jatuh di antara bulan Januari dan Februari.
Tahun Baru Imlek biasanya dirayakan dengan makan malam bersama keluarga. Yang diawali dengan aktifitas bersih-bersih untuk menghilangkan ” Kemalangan ” tahun lalu dan menyambut ” Nasib Baik ” di tahun yang baru.

Selain itu, perayaan Imlek tidak lepas dengan acara bagi-bagi angpao merah.
Di Indonesia, Tahun Baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres No.19/2002 dan mulai dirayakan sebagai hari libur Nasional sejak tahun 2003.

Selain Indonesia, ada beberapa negara seperti Brunai, Filipina, Korea, Malaysia, Singapura, Tiongkok, Thailand, Mauritus dan Vietnam, yang tahun baru Imleknya merupakan hari libur Nasional.

Lima Shio Beruntung

Imlek tahun 2024 akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2024, Imlek tahun 2024 ini akan menandai awal dari Tahun Naga Kayu, merupakan tahun 2575 dalam penanggalan China.

Naga adalah salah satu dari 12 hewan yang menjadi simbol shio atau zodiak China, yang dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap kepribadian, nasib dan keberuntungan seseorang.

Naga adalah simbol kekuatan, keberanian, kebijaksanaan dan keberuntungan. Dalam budaya China orang yang lahir di Tahun Naga memiliki sifat-sifat seperti berani, bijaksana, ambisius, kreatif dan karismatik.
Namun, tidak hanya shio Naga yang akan beruntung di tahun 2024 khususnya di bulan Februari. Ada beberapa shio lain yang juga akan mendapatkan keberuntungan di tahun Naga Kayu.

Baca juga :  Interaksi Budaya LAPAKKSS – Dialog Budaya dan Pertunjukan Kesenian (Bagian Ketiga)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj Bupati Enrekang Turut Dampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, turut mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo...

Habiskan Anggaran 1,2 Triliun, Jokowi Paparkan Manfaat IPAL Losari

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Jalan Metro Tanjung...

Tim Tabur Kejagung-RI dan Kejati Sulsel Berhasil Mengamankan Buronan Tipikor Dana Desa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Tabur Kejati Sulsel bersama Tim Tabur Kejaksaan Agung RI telah berhasil mengamankan buronan asal...

Kejati Sulsel Berhasil Amankan Buronan Pelaku Penipuan Investasi Bodong Asal Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Tangkap Buron (Tabur) Intelijen Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Tim Tabur Kejaksaan RI...