spot_img

Permainan Olahraga Tradisional Warnai HJS Ke 460 Tahun

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 460 tahun, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sinjai menggelar lomba Festival Olahraga Tradisional bertemoat di Kawasan Sport Center Stadion H. Andi Bintang, Rabu (21/2/2024).

Sekretaris Panitia Pelaksana, Edi Akbar mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada 4 cabang olahraga tradisional yang dilaksanakan yakni ketapel, tarik tambang, hadang dan engrang.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 24 Februari 2024 ini melibatkan peserta dari instansi Pemkab Sinjai, instansi vertikal, organisasi dan kategori pelajar.

“Hari ini kita mulai pertandingan olahraga tradisional. Jadi olahraga tradisional ini bukan olahraga prestasi tetapi olahraga rekreasi dan gembira sehingga kami libatkan para pegawai maupun pelajar,” katanya.

Menurutnya kegiatan ini penting, sebab tiap tahun Pemerintah provinsi Sulsel juga mengadakan Festival Olahraga Tradisional sehingga melalui kegiatan ini juga menjadi ajang pencarian bibit atlet yang berprestasi.

“Tiap tahun dilaksanakan Festival Olahraga Tradisional tingkat Provinsi sehingga khusus kategori pelajar yang berhasil meraih juara pada kegiatan ini nantinya akan mewakili Sinjai di ajang tingkat Provinsi,” bebernya.

Edi menambahkan, melalui olahraga tradisional ini juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya permainan rakyat ditengah perkembangan zaman serta menghidupkan kembali permainan ini yang sarat dengan nilai-nilai positif dan nilai-nilai budaya yang berkearifan lokal dan membangun kebersamaan. (AaN)

Baca juga :  Gubernur Terima Dirjen Bina Pemdes, Bahas Peta Batas Desa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Evakuasi Warga Pengkendekan Dampak Banjir Sungai Rongkong, Personil Sabbang Kerja Ekstra

PEDOMANRAKYAT - LUWU UTARA - Personil Polsek Sabbang Polres Luwu Utara Polda Sulawesi Selatan evakuasi warga Desa Pengkendekan...

Tingkatkan Disiplin Personel, Propam Polres Toraja Utara Gelar Gaktiblin

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Seksi Propam Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar kegiatan penegakkan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) bagi...

Laka Minibus Tenggelam di Salubarani Belum Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Minibus Daihatsu Zenia bernomor polisi DP 1292 FC dikemudikan Alber (33) warga Talonge, Lembang Rantetalonge, Kecamatan...

Pj Bupati Enrekang Ajak Warga Tanam Pohon di Pinggir Sunga, Hutan dan Lahan Kritis

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka memperingati Hari Bumi tingkat Kabupaten Enrekang yang dipusatkan di halaman kantor Badan Penanggulangan...