spot_img

Napak Tilas di Situs Perjanjian Topekkong, Pj. Bupati : Mari Kita Rawat dengan Baik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke-460 tahun, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari didampingi Pj. Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah melakukan napak tilas dsengan mengunjungi Situs Perjanjian Topekkong.

Tempat bersejarah ini berada di Lingkungan Taipa Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara. Jaraknyanya hanya berkisar 3 kilometer dari pusat kota Sinjai.

Saat tiba di lokasi, rombongan melihat langsung situs tersebut dan mendengarkan pemaparan dari budayawan Zainal Abidin Riidwan terkait sejarah Perjanjian Topekkong.

Penjabat Bupati T.R. Fahsul Falah mengatakan bahwa
Banyak sejarah yang ditinggalkan oleh pendahulu ditempat ini sehingga sepatutnya sebagai generasi pelanjut, harus mengingat dan merevitalisasi momen historis sebagai pondasi membangun Sinjai agar lebih maju kedepan.

“Situs ini harus tetap dijaga dan dirawat sebagai upaya melestarikan dan edukasi yang akan terus diberikan pada generasi selanjutnya agar tidak lupa pada sejarah daerah kita sendiri,” jrlasnya.

Kedepan, dirinya berkomitmen untuk terus mengembangkan situs ini bukan hanua sebagai tempat monumental tetapi juga tempat esukasi dan dpaat menjadi tempat wisata baru.

“Kita akan menambah fasilitas yang ada disini supaya generasi muda kita mau berkunjung kesini untuk belajar dan memahami isi perjanjian Topekkong,” tandasnya.

Asisten II Pemprov Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari memberia apresiasi adanya situs bsrsejarah ini terlebih isi perjanjian Topekkong ini penuh dengan sarat makna yang mendalam.

“Sinjai ini akan aman, tentram dan damai jika kita memngimpelementasikan isi Psrjanjian Topekkong ini. Kalau ada psercekcokkan diantara kita bisa langsung dibawa kesini,” ucapnya dengan canda.

Baca juga :  Program Jamkesda Plus, Bupati ASA Anggarkan Rp 60 Milyar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Buka Bimbingan Manasik Haji, Sekda Sinjai Harap Jemaah Jaga Kesehatan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai menggelar bimbingan manasik haji reguler tingkat Kabupaten Sinjai yang berlangsung...

Perpusnas Laksanakan Sosialisasi IKON di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia melaksanakan Sosialisasi Pengarusutamaan Naskah Nusantara Sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON)...

Ketua Apdesi Wajo Adakan Pertemuan dengan Ketua LSM Lidik Pro Wajo

PEDOMANRAKYAT, WAJO - Ketua Lembaga Lidik Pro Kabupaten Wajo Ir.Nasir Rahim mengadakan pertemuan dengan ketua Apdesi Wajo Andi...

Terima Tim Verifikasi dari BKKBN Sulsel, Plh Bupati Pinrang Minta Jajaran P2KBP3A Transparan

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pinrang A Calo Kerrang meminta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan...