spot_img

HUT Ke102 Tahun Perkumpulan Tundung Mairi, PTM Makassar Gelar Pesta Adat Tulude

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Organisasi ini bernama “Perkumpulan Tundung Mairi” yang selanjutnya disingkat “PTM”. PTM adalah kelanjutan dari pada Perserikatan Tundung Mairi yang didirikan pada tanggal 31 Januari 1922. Yang Berkedudukan di Makassar.

Perayaan Tulude merupakan upacara adat masyarakat Sangihe di setiap awal tahun,
acara adat itu juga dirangkaikan dengan HUT ke-102 Perkumpulan Tundung Mairi (PTM).
Perayaaan Tulude ini diwarnai pemotongan kue adat Tamo Banua. Selanjutnya, diiringi tarian Gunde dan tarian Upase.

PTM membangun kebersamaan Masyarakat Sangihe. Talaud dan Sitaro jika ada kedukaan atau musibah lainnya yang berhubungan dengan Masyarakat Sangihe, Talaud, dan Sitaro serta menjalin hubungan Pemerintah setempat dan Pemerintah Kabupaten Sangihe, Talaud, dan Sitaro.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Prajurit Jend M Yusuf, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (29/2/2024) sekira pukul 19:00 Wita.

Tujuan kegiatan ini juga memperingati hari jadi ke 102 tahun PTM setelah awal pembentukan Organisasi tahun 1922 dengan mengusung tema “Masyarakat Sangihe di Sulawesi Selatan Tangguh, Bangkit Bersama, Bekerja Lebih Hebat,”.

Ketua Umum Pdt. Stelma Manikape, M.Th saat di konfirmasi memaparkan makna tulude yang berarti mensyukuri pemilih arahan tuhan sepanjang tahun 2023 dan sangat berterimakasih meminta tuhan menyertai dalam memasuki tahun 2024 warga masyarakat Sangihe Talaud dan masyarakat Kota Makassar.

Diketahui organisasi PTM yang tersebar di wilayah Gowa dan Maros ini mencapai 1.500 Kartu Keluarga. “Harapan kami kedepannya di usia 102 tahun ini bukan hanya mengurus kedukaan saja tetapi ingin mengembangkan juga kegiatan bakti sosial seperti bantuan warga yang kena bencana dan warga yang tidak mampu menyekolahkan anak, itu yang akan kami lakukan kedepannya,” ungkap Stelma.

Baca juga :  BAZNAS Bawa Bantuan, Ibu Lima Anak Tak Kuasa Meneteskan Air Mata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

53 Dosen STIE AMKOP Ikut Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sebanyak 53 dosen STIE AMKOP Makassar telah menjalani pelatihan Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Capaian...

Gelar Reuni Akbar Kolosal, Ribuan Alumni SMAKARA Angkatan 1954-2024 Akan Berkumpul di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Ikatan Alumni SMA Katolik Rajawali (IKA SMAKARA) Makassar kembali merencanakan menggelar hajatan reuni akbar yang...

Masyarakat Keluhkan Operasional RM Boneta, Pencemaran Asap dan Limbah Resahkan Penghuni Rumah Sekitarnya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Operasional Rumah Makan (RM) Boneta (Bone Tamparang) yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Kapasa,...

Hanura Sulsel Buka Pendaftaran Cakada 2024, Amsal Perintahkan Seluruh DPC Untuk Bentuk Tim TPPD

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Pemenangan Penjaringan Pusat (TPPP) bersama Tim Pemenangan Penjaringan Daerah (TPPD) sosialisasi pendaftaran dan penjaringan...