spot_img

Rekapitulasi Pemilu di Kota Makassar, Sri Wahyuningsih Mengaku Banyak Insiden Telah Terjadi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan rekapitulasi hasil pemilu 2024 tingkat Kota, di Hotel Grand Asia, Jalan Boulevard Nomor 10, Kota Makassar, Jumat (01/03/2024) sekira pukul 14.15 Wita.

Namun sedihnya, ajang 5 (lima) tahunan itu diwarnai aksi “pencurian” suara yang semakin membumi dan berlarut-larut hingga tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara alias KPPS saat rekap suara.

Sistem kerja panitia Pemilu ini terbongkar saat hendak menghitung suara Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Makassar Daerah Pemilihan 5 atau Dapil 5.

Terduga pelaku tersebut dengan sengaja melubangi lembaran kertas suara menggunakan kuku, sehingga membuatnya rusak dan dianggap batal oleh petugas di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Walau belum ada keterangan resmi dari pihak KPU atau Bawaslu, Komisioner KPU Makassar mengakui, sejak dimulainya proses perhitungan suara dari tingkat TPS hingga kecamatan, berbagai insiden telah terjadi.

“Memang benar, sejak setelah pencoblosan, dalam proses rekapitulasi dari tingkat TPS oleh KPPS hingga ke tingkat kecamatan oleh PPK, terjadi berbagai masalah, termasuk terkait suara Caleg,” kata Komisioner KPU Makassar Sri Wahyuningsih saat diwawancarai oleh sejumlah awak media.

Komisioner KPU Makassar dari Divisi Teknis itu pun mengakui adanya kendala dalam proses perhitungan suara di tingkat kecamatan, seperti ketidaksesuaian antara jumlah suara akhir dengan jumlah pemilih dan data yang disampaikan oleh saksi.

“Misalnya, masalah kesalahan perhitungan, hampir semua kecamatan mengalami hal yang serupa. Jadi, jika angkanya tidak sesuai, surat suara harus dibuka kembali dan dihitung ulang untuk memastikan jumlah suara yang sah,” jelasnya.

Baca juga :  Cegah Kriminalitas di Kawasan Pelabuhan Makassar, Polsek Soekarno Hatta Gencar Patroli Malam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...