spot_img

Suara PSI di Bantaeng Tiba-tiba Melambung Tinggi, Ahmad Makmur : Sudah Dikoreksi, Bukan Penggelembungan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Terkait berita yang beredar dengan menyatakan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Bantaeng tiba-tiba melambung tinggi menjadi sebanyak 3.862, langsung ditanggapi oleh KPU Kabupaten Bantaeng.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bantaeng Ahmad Makmur angkat bicara, setelah kami sempat rekapitulasi di ruangan memang data sandingan yang diinfokan di media adalah data Info Pemilu sementara data yang kami gunakan adalah data C Hasil dari tingkat TPS kemudian berjenjang ke D Kecamatan dan D Kabupaten.

“Faktanya yang terjadi memang adalah perolehan suara PSI 1.986 itu yang ada dalam data Sirekap, kemudian Info Pemilu 3.862,” jelasnya, di sela kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara KPU Sulsel, di Phinisi 2 Ballroom Hotel Claro Jl AP Pettarani No.3 Kota Makassar, Senin (04/03/2024) sore sekira pukul 15.30 Wita.

Lanjut Ahmad Makmur, sementara terdapat contoh kasus yang ditampilkan dalam berita tersebut yaitu kelurahan Karatuang memperoleh suara 67 tetapi faktanya itu 0 (nol). Ini sudah dilakukan koreksi secara berjenjang ke bawah, semua sudah detail disaksikan oleh Bawaslu, saksi dan media tersebut.

“Informasi yang beredar adalah kekeliruan karena basis data adalah Info Pemilu sementara faktanya form D dan data Sirekap yang ada,” tukasnya.

Saat ditanya oleh awak media terkait apakah ada koordinasi untuk perbaikan di Info Pemilu itu atau tidak, Ahmad Makmur menuturkan, tadi sudah disepakati dalam rangka hal yang menjadi fakta yang kita lihat adalah D Hasil tingkat kabupaten dan tentunya Sirekap karena ditampilkan C Plano atau C Hasil.

Baca juga :  Pj Bupati Enrekang Terima DIPA dan TKD Anggaran 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...

Bupati Irwan serahkan 138 SK PPPK Tenaga Pendidik

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Sebanyak 138 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Pinrang menerima SK Pengangkatan sebagai...

Gelar Konferensi Pers, Prof Basri Modding Klarifikasi Tuduhan Penyelewengan Dana

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Penasehat hukum mantan Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof, Dr. Basri Modding, SE, MSi dari...

Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Pj. Bupati Sinjai Tekankan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah kembali menekankan peningkatan kompetensi bagi setiap Aparatur Sipil Negara...