spot_img

Mantap, Pertumbuhan Ekonomi Sinjai Berada Diatas Angka Provinsi dan Nasional

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai tahun 2023 mengalami peningkatan dibanding tahun 2022. Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai berada pada posisi tiga besar.

Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin saat ditemui di Kantornya, Rabu (6/3/2014) menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai tahun 2023 sebesar 5,71 persen. Angka ini meningkat dibanding tahun 2022 lalu sebesar 4,87 persen.

Angka ini cukup menggembirakan karena berada diatas angka pertumbuhan rekonomi Provinsi Sulsel yang sebesar 4,51 persen dan angka nasional sebesar 5,05 persen.

“Alhamdulillah laju pertumbuhan ekonomi Sinjai pada 2023 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu kita berada di posisi 13 di Sulsel, saat ini kita masuk 3 besar. Kita berada di bawah Luwu Timur sebesar 9,66 persen dan Gowa sebesar 5,82 persen,” jelasnya.

Arif Miftahuddin menjelaskan, pertumbuhan ekonomi
ditopang oleh beberapa sektor lapangan usaha andalan didalamnya. Diantaranya pertanian, konstruksi, perdagangan dan jasa pendidikan.

“Keempat jenis lapangan usaha inilah yang mengalami peningkatan sehingga memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Sinjai pada tahun 2023,” ungkapnya.

Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti dilihat dari angka kumulatif PDRB baik atas dasar harga berlaku dan PDRB harga konstan mrngalami kenaikan. Realisasi pendapatan dan pajak daerah yang meningkat juga menjadi faktor pertumbuhan ekonomi di Sinjai.

Pergerakan ekonomi, lanjut dia, juga menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di Sinjai pada tahun 2023 lalu seperti dengan peringatan Hari Jadi Sinjai yang berlangsung meriah dan persiapan pelaksanaan Pemilu.

Baca juga :  Kabupaten Blora Bertabur Bintang, Empat Jendral Pulang Kampung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kapolres Torut AKBP Zulanda Bersama Wabup Frederik V. Palimbong Hadiri Open House Kapolda Sulsel

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.-Pererat tali silaturahmi dan membangun komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai elemen Masyarakat, Kapolda Sulawesi Selatan...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

Cegah Kemacetan Panjang, Polres Tana Toraja Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Longsor

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-- Akses jalan poros yang menghubungkan antara Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara terputus, akibat adanya...

Wabup Toraja Utara Hadiri Reuni V PPGT Nonongan Madandan

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, ST, M.Ak yang juga Ketua Umum PP PKBGT...