spot_img

Prof. Jasruddin, Bersama INTI Membangun Masa Depan, Bagi Daerah, Bagi Indonesia dan Bagi Dunia

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT- BONTOSUNGGU. Dalam rangkaian wisuda mahasiswa Institut Turatea Indonesia ( INTI ) Jeneponto kedua dan Dies Natalis XXXIII di Gedung Pasitangarri Jeneponto, Kamis 07/03/2024. Prof Jasruddin mengisi ” orasi ilmiah ” dengan tema ” Rekapitalisasi Tata Kelola INTI untuk menghasilkan Alumni yang Terserap oleh Pasar kerja Lokal,

Nasional, dan Internasional serta Mampu Menciptakan Lapangan Kerja “. Sebuah tema yang sangat relevan di era globalisasi dan persaingan pasar kerja yang semakin ketat.

Menurut Jasruddin, rekapitalisasi tata kelola bukan sekedar perubahan administratif, melainkan transformasi fundamental dalam cara kita mendidik, berinovasi, dan berkontribusi pada masyarakat.

INTI dengan program studi Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru SD dan Pendidikan Matematika memiliki potensi besar untuk berkontribusi secara signifikan pada pasar kerja dan penciptaan lapangan kerja.

Untuk kedepannya, ada lima yang harus dilakukan.

Pertama adalah meningkatkan kualitas sesuai kebutuhan pasar kerja. Perlunya terintegrasi kurikulum dengan keahlian digital dengan memasukkan mata kuliah terkait tehnologi informasi dan digital dalam semua program studi, seperti dasar pemrograman untuk Ekonomi Pembangunan, dan digital marketing untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra. Ini ” akan ” memastikan mahasiswa memiliki keahlian digital yang kini menjadi syarat di hampir semua lapangan kerja.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan dan Soft Skill, perlu diselenggarakan workshop dan seminar kewirausahaan seperti kepemimpinan, kerjasama tim dan komunikasi yang efektif.

Kedua adalah penguatan kerja sama dengan industri dan lembaga internasional. Untuk hal ini perlu dilakukan magang yang berkualitas, melakukan penelitian bersama dan start-up.

Baca juga :  Guru di Sinjai Diminta Ubah Mindset Seiring Dinamika Pendidikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikut Alasan Mengapa Prof Hasmyati Layak Menjadi Rektor UNM Makassar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR—Selangkah lagi guru besar dalam bidang keolahragaan, Prof Dr Hasmyati, M.Kes akan memimpin Universitas Negeri Makassar. Pada...

Diusianya yang Ke-40, Sekolah Islam Athirah Kembangkan Konsep Education 5.0

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah genap berusia 40 tahun pada hari ini sejak dilaunching 24 April 1984...

Pengurus ADPERTISI Temui Bupati Maros Chaidir Syam Bahas Rencana Pelaksanaan PKM

PEDOMAN RAKYAT, MAROS. -Koordinator Ketua Presidium Majelis Pengurus Pusat Aliasansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (MPP ADPERTISI) Dr.Buyung...

Guru dan Murid SDN No 269 Balleanging Ujung Loe Bulukumba Peringati Hari Bumi Tanam Beragam Jenis Pohon

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA - Para guru dan murid SDN No 269 Balleanging Ujung Loe Bulukumba memperingati Hari Bumi, 22...