spot_img

Wali Kota Danny Pomanto Imbau Waspada Banjir Pada Puncak Pasang Sore hingga Malam Nanti

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada masyarakat Kota Makassar agar mewaspadai adanya banjir.

Hal itu dipicu oleh curah hujan tinggi dan adanya puncak pasang yang akan dimulai pada pukul 17.00 – 21.00 WITA, Sabtu, 9 Maret 2023.

“Semua siaga banjir hari ini 9/03/2024, terutama pada saat puncak pasang yang mulai jam 17.00 – 21.00 WITA,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya, pagi tadi.

“Kepada seluruh OPD Camat, Lurah dan warga masyarakat agar tidak panik dan perlu mewaspadai banjir pasang naiknya air laut yang dipicu curah hujan yang tinggi,” sambungnya.

Dalam arahannya, ia menuturkan, perubahan iklim memberikan dampak yang begitu luas, termasuk bencana banjir yang terjadi di banyak daerah.

Olehnya, ia menekankan pada bagaimana kesiapan mitigasi bencananya.

“Koordinasi, komunikasi dan akumulasi semua kekuatan kita dan mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana itulah kuncinya,” kata Danny.

Ia menjelaskan, rumus terjadinya banjir ialah curah hujan tinggi, dan pasangnya air laut. Kedua indikator dapat dilihat di aplikasi.

Tetapi yang ia garisbawahi ialah soal drainase yang tersumbat tidak dapat dilihat di aplikasi. Makanya dirinya menginstruksikan agar saluran drainase terus dimaintenance.

Dari situ, upaya mitigasi inilah yang dipertebal dan disempurnakan.

Termasuk, ia tekankan perihal kelistrikan saat bencana terutama banjir agar mampu diantisipasi saat air meninggi. (*/And)

Baca juga :  Bupati ASA Resmi Tutup Pekan Budaya dan Sinjai Expo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Jatah Menteri Golkar Lebih Banyak, Pengamat : Wajar, Golkar Partai Koalisi Paling Besar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Golkar pada Pemilu Legislatif finish di urutan kedua perebutan kursi di parlemen serta berhasil...

Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1445 H, AIA : Utamakan Kader Gerindra di Pilkada 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Gerindra memprioritaskan kadernya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Entah itu pengurus partai atau pun...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar Laksanakan Sholat Idul Fitri 2024 Bersama Ribuan Jamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan sebuah lembaga pendidikan yang telah lama menjadi bagian...