spot_img

Festival Buah 2024, Pj. Wali Kota Ajak ke Palopo Makan Durian

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT- PALOPO. Festival Buah 2024 Palopo di Kelurahan Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo 8-9 Maret 2024 lalu mendapat perhatian masyarakat setempat dan juga dihadiri Konsuler Jepang di Makassar Mr. Ohashi Koichi.

Festival Buah 2024 ini dibuka secara resmi Pj. Gubernur Sulsel diwakili staf ahli gubernur Hasan Sijaya disaksikan Pj. Wali Kota Palopo Asrul Sani dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Sulsel dan Pemkot Palopo serta masyarakat.

Seperti yang dilaporkan Waldhy A. Basir kepada PR.co.id. kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kota Palopo yang ke. 22 sekaligus sebagai bentuk ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil panen buah petani di Kota Palopo yang melimpah.

Pj. Palopo, Asrul Sani dalam sambutannya meminta Sekkot Palopo agar event ini dapat dilestarikan dan dilaksanakan setiap tahunnya. Dan diusulkan masuk dalam kalender pariwisata Pemprov. Sulsel.

Asrul Sani mengajak masyarakat di Sulsel datang ke Palopo makan durian dan buah-buah lainnya.

Iapun bernostalgia, dulu ada beberapa kabupaten di Sulsel terkenal sebagai penghasil buah seperti Kabupaten Selayar dengan jeruknya ( lemo China ) dan Palopo dengan duriannya. Kemudian redup dengan munculnya beberapa provinsi di luar Sulsel sebagai penghasil buah.

Dari hasil pantaunnya, Waldhy melaporkan, Konsuler Jepang, Mr. Ohashi Koichi diajak berkeliling oleh Asrul Sani melihat pohon dan tempat produksi sagu di Telluwanua.
Ini, kebanggaan tersendiri bagi Mr. Ohachi karena bisa menikmati durian dan sagu ( kapurung ) di daerah asalnya.

Mr. Ohashi baru pertama kali ke Palopo, untuk itu dijamu dengan segala macam buah-buahan serta makanan yang berbahan dasar sagu seperti kapurung, sinole dan dange. Siapa tau dengan mencoba sagu, akan terbuka keran ekspor sagu ke Jepang dan ternyata sagu adalah makanan pokok ke tiga”, ungkap Pj. Walikota Palopo Asrul Sani di atas panggung.

Baca juga :  LPPTKA-BKPRMI Wisuda Murid TK - TPA Sidrap, Ini Harapan Bupati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kapolres Torut AKBP Zulanda Bersama Wabup Frederik V. Palimbong Hadiri Open House Kapolda Sulsel

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.-Pererat tali silaturahmi dan membangun komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai elemen Masyarakat, Kapolda Sulawesi Selatan...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

Cegah Kemacetan Panjang, Polres Tana Toraja Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Longsor

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-- Akses jalan poros yang menghubungkan antara Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara terputus, akibat adanya...

Wabup Toraja Utara Hadiri Reuni V PPGT Nonongan Madandan

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, ST, M.Ak yang juga Ketua Umum PP PKBGT...