spot_img

Dosen UTS Maria Ulfa Rustam Terima Sertifikat Paten Sederhana dari Kemenkumham

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. – Dosen Program Studi Kimia, Fakultas Teknik Universitas Teknologi Sulawesi (UTS), Maria Ulfa Rustam, ST., MT. mewakili timnya menerima sertifikat paten sederhana dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (DJKI Kemenkumham).

Sertifikat tersebut diserahkan Pejabat Sementara Rektor UTS, Drs. Andi Alimuddin, M.Si, Sabtu, 16/03, di Kampus UTS Jl. Talasalapang Makassar.

Invensi yang dihasilkan berjudul “Proses Pembuatan Minyak Atsiri Dari Limbah Kulit Jeruk Nipis Sebagai Aromaterapi” dengan nomor paten IDS000006955.

Inventor pada invensi ini yaitu Maria Ulfa Rustam, ST., MT., Hijrah Amalia Aziz, ST., MT., dan Nurfika Ramdani, S.Si., M.Sc.

Maria Ulfa menekankan pentingnya pendaftaran paten untuk produk hasil penelitian sebagai langkah perlindungan dan hilirisasi.

Langkah ini dianggap krusial untuk memastikan bahwa produk dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, dengan tujuan mengoptimalkan manfaat dan memperluas jangkauan penggunaannya di masyarakat.

Keberadaan paten tidak hanya melindungi hak intelektual peneliti tetapi juga mendorong pemanfaatan inovasi tersebut dalam skala yang lebih besar, memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Maria Ulfa menyatakan rasa syukur mendalam terhadap pencapaian sertifikat hak paten sederhana yang telah diperolehnya, penghargaan tersebut sebagai hasil terbaik dari upaya yang diajukan melalui proses yang panjang dan penuh dedikasi.

Dia menambahkan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan kuat tim peneliti dan bantuan yang diberikan oleh LPPkM UTS yang memainkan peran penting memfasilitasi dan mendorong pencapaian tersebut.

Baca juga :  Inilah 12 Wisudawan Terbaik Periode 2023/2024 Universitas Patompo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Guru dan Murid SDN No 269 Balleanging Ujung Loe Bulukumba Peringati Hari Bumi Tanam Beragam Jenis Pohon

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA - Para guru dan murid SDN No 269 Balleanging Ujung Loe Bulukumba memperingati Hari Bumi, 22...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Prof Bahaking Rama : Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar Cetak 15 Doktor

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Sejak mulai beroperasi 2017 Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar telah mencetak 15...

Mahasiswa Ilmu Kelautan Unhas Gelar Kegiatan KCC 2024, Pendaftaran Peserta Mulai Dibuka

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Keluarga Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan (KEMAJIK) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas)...