spot_img

Kembangkan Model ESP-PjBL, Respaty Namruddin Raih Doktor Predikat Cumlaude di PVKT UNM

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Ir. Respaty Namruddin, SKom, MT, didampingi istri tercinta, Evelin Rotinsulu, A.Md, secara simbolis menerima ijazah doktor pada Program Program Pascasarjana (PPs), Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan (PVKT) Universitas Negeri Makassar (UNM), dengan predikat cumlaude, setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Model Entrepreneurial Skill pada Pembelajaran Programing Berbasis Projek Based Learning’, di Aula PPs Gedung AD lantai 5 UNM, Jl Bonto Langkasa, Selasa (19/03/2024) sore.

Sebelumnya, kegiatan sidang tersebut dipimpin Prof. Dr. Syukur Saud, MPd, dengan tim penguji yang terdiri dari
Prof. Dr. Syahrul, MPd selaku Promotor, Prof. Dr. Lu’mu, MPd selaku kopromotor, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, MPd selaku Penguji Internal, Prof. Dr. Purnamawati, MPd selaku Penguji Internal, Dr. Mustari Lamada, MT selaku Penguji Internal, serta Prof. Dr. Ir. Syamsul Bahri, M.Si. selaku Penguji Eksternal

Kegiatan ini dihadiri Rektor beserta petinggi Universitas Handayani Makassar, keluarga, kerabat, dan mahasiswa PPs UNM .

Dalam pemaparannya, Respaty mengungkapkan efektivitas Model ESP-PjBL sebagai strategi pembelajaran inovatif yang memenuhi kebutuhan pendidikan modern, mengatasi keterbatasan metode pembelajaran tradisional, dan secara efektif mengintegrasikan keterampilan berwirausaha dalam kurikulum pemrograman.

“Ini memberi kontribusi penting terhadap literatur pendidikan tinggi, menawarkan wawasan dan praktek terbaik dalam mengembangkan keterampilan berwirausaha,” tegasnya.

Menurut Respaty, keterampilan kewirausahaan dan pemrograman memainkan peran kunci dalam pendidikan tinggi era digital, dimana inovasi teknologi mendominasi berbagai aspek kehidupan.

“Integrasi kedua keterampilan ini dalam kurikulum pendidikan tinggi dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi pasar kerja yang dinamis,” ucapnya seraya menambahkan, bahwa dengan penerapan PjBL akan meningkatkan kemampuan teknis dan keterampilan soft siswa seperti kolaborasi, pemecahan masalah, dan kreativitas, yang semuanya penting dalam dunia pemrograman.

Baca juga :  Pastikan Kondusif, Kabag Ops dan Kasat Lantas Polres Pelabuhan Makassar Cek Pos Pam Operasi Lilin 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Jatah Menteri Golkar Lebih Banyak, Pengamat : Wajar, Golkar Partai Koalisi Paling Besar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Golkar pada Pemilu Legislatif finish di urutan kedua perebutan kursi di parlemen serta berhasil...

Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1445 H, AIA : Utamakan Kader Gerindra di Pilkada 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Partai Gerindra memprioritaskan kadernya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah. Entah itu pengurus partai atau pun...

Mahasiswa Ilmu Kelautan Unhas Gelar Kegiatan KCC 2024, Pendaftaran Peserta Mulai Dibuka

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Keluarga Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan (KEMAJIK) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas)...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...