spot_img

Polres Toraja Utara Pantau Ritual Adat Adu Kerbau, Cegah Perjudian di Arena Tallunglipu

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Ritual adat Adu kerbau atau ma’pasilaga tedong merupakan salah satu tradisi suku Toraja. Tradisi ini rutin dilakukan pada upacara pemakaman orang yang sudah meninggal beberapa waktu yang lalu, biasa disebut Rambu Solo’.

Ritual Adu kerbau adat orang Toraja ini biasa lebih dahulu dilakukan sebelum masuk di puncak acara Rambusolo, upacara penerimaan tamu dan penguburan, dan ritual adu kerbau ini hanya diadakan bagi orang keturunan bangsawan dari jaman dahulu.

Untuk mencegah terjadinya praktek perjudian dalam ritual adat adu kerbau tersebut, puluhan personel gabungan Polres Toraja Utara dan Polsek Rantepao diterjunkan memantau dilokasi saat acara Adu kerbau digelar di Lingkungan Lepe Kel. Tampo Tallunglipu, Kec. Tallunglipu Kab. Toraja Utara, Kamis (25/04/2024).

Perlu diketahui, ritual adat adu kerbau yang digelar merupakan salah satu rangkaian dari pesta Adat rambu solo (pemakaman) Alm. Sulle Gorri.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, Jumat, (26/4/2024) mengungkapkan bahwa, pihaknya sengaja menurunkan puluhan personel selain untuk melakukan pengamanan, juga sebagai langkah dalam upaya pencegahan tindak pidana perjudian selama acara adat ritual adu kerbau berlangsung.

Adapun upaya pencegahan dilakukan pihaknya salah satunya dengan memberikan imbauan Kambtibmas kepada pihak panitia maupun seluruh Masyarakat yang ada disekitar lokasi untuk tidak menyusupkan kegiatan berbau judi saat acara adat adu kerbau berlangsung, tambahnya.

Pihaknya mengakui telah memberikan izin keramaian untuk upacara rambu solo dengan sangat mewanti-wanti tanpa disisipi giat perjudian bentuk apapun dalam tradisi adat yang sudah menjadi budaya Masyarakat Toraja.

Baca juga :  Rangga Menutup Masa Reses Sidang Pertama 2022/2023 di Desa Balangdatu Kecamatan Kepulauan Tanakeke Takalar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Pemkab Enrekang, Ucapkan Selamat dan Sukses Untuk Prof Zudan Arif Fakrulloh Sebagai Pj Gubernur Sulsel

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, mengucapkan selamat kepada Bapak Prof. Dr. Zudan...