spot_img

Eks Wasekjen PB HMI di Vonis 1,6 Tahun Penjara atas Pencemaran Nama Baik Bupati Bulukumba, Kuasa Hukum : Kami Akan Banding!

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA – Sidang putusan kasus pencemaran nama baik Bupati Bulukumba yang melibatkan Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Akbar Idris di Pengadilan Negeri Bulukumba telah dibacakan hari ini, Senin (29/04/2024).

Kuasa hukum terdakwa Zaenal Abdi menyebut, pihaknya akan melakukan banding terhadap putusan yang dianggapnya tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan kebebasan berekspresi.

“Kami bakal lakukan banding, putusan Majelis hakim yang diputus hari ini tidak sesuai dengan prinsip kemanusian dan kebebasan berekspresi,” katanya usai sidang.

Ia menilai, tak ada tindak pidana yang dilakukan kliennya, sehingga putusan tersebut dianggapnya kurang tepat.

“Terkait dari putusan terhadap saudara Akbar Idris sebagai terdakwa dalam kasus pencemaran nama baik ini, terjadi banyak pertimbangan majelis hakim, saya rasa ini kurang tepat” ujarnya

“Yang seharusnya hal ini bukan merupakan suatu tindak pidana tetapi merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap kinerja pemerintahan daerah Bulukumba,” sambungnya.

Apalagi kata dia, pamflet yang dipermasalahkan di sidang ini hanya memuat dugaan tindak pidana korupsi dari yang ditemukan oleh pencari fakta di lembaga GMNI.

“Karena ada dugaan tindak pidana korupsi yang ditemukan oleh lembaga yang memang bergerak di bidang pencari fakta seperti itu,” tegasnya.

Seperti diketahui, Akbar Idris dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan. Hal ini inkrah usai majelis hakim membacakan putusan.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun enam bulan,” demikian vonis majelis hakim.

Baca juga :  Terkait Anggaran Covid-19, Sekda Tana Toraja Diperiksa Kejaksaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kadiskop UKM Pinrang Resmi Tutup Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha BPVP Pangkep dan Diskop UKM Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Pelatihan Peningkatan Produktivitas Usaha Angkatan ke 6 yang digelar BPVP Pangkep kerjasama Dinas Koperasi UKM...

Pilkada 2024, Mitra Fakhruddin MB Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Partai Hanura Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Enrekang hampir menemui titik terang siapa siapa...

Didukung Penuh Gerindra, Yasir Machmud Maju Pilkada Bone

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Setelah mendapat konfirmasi dan arahan dari Andi Iwan Darmawan Aras selaku Ketua DPD Partai Gerindra...

Pemkab Enrekang, Ucapkan Selamat dan Sukses Untuk Prof Zudan Arif Fakrulloh Sebagai Pj Gubernur Sulsel

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, mengucapkan selamat kepada Bapak Prof. Dr. Zudan...