spot_img

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan Mei 2024. Ini diperoleh dari hasil pemeriksaan sampel di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Jumat (24/5/2024) mengungkapkan bahwa mayoritas pasien yang terkena campak tersebut adalah anak-anak.

Adapun anak yang terkena campak ini karena terserang virus yang disebabkan anak tersebut tidak mengikuti imunisasi campak. Hal tersebut yang membuat mereka mudah terinfeksi penyakit.

“Pasien yang positif ini riwayatnya kebanyakan tidak ikut imunisasi karena masih ada beberapa orang tua yang enggan memberikan imunisasi pada anaknya. Padahal kita sudah edukasi dan gencar lakukan imunisasi tetapi masih ada yang tidak mau anaknya diimunisasi,” katanya.

Sembilan pasien yang positif terkena penyakit campak ini berasal dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Sinjai Timur 5 orang kemudian Sinjai Utara dan Sinjai Selatan masing-masing 2 orang.

“Kesembilan pasien ini menjalani perawatan di rumah masing-masing dan ada satu orang yang dirawat di Puskesmas,” jelasnya.

Pihaknya juga secara intensif melakukan pendampingan kepada pasien dengan memberikan vitamin A agar tidak menyerang mata dan selaput otak. Terlebih penyakit ini bisa menular melalui droplet.

“Kalau tidak tertangani secara cepat ini bisa membahayakan, dampaknya bisa menyebabkan terjadi kebutaan hingga meningitis (radang selaput otak),” bebernya.

dr. Emmy mengimbau kepada para orang tua apabila ada gejala campak berupa pilek, demam, muncul ruam merah di belakang telinga agar segera melakukan pemeriksaaan ke Puskesmas terdekat.

Baca juga :  Gabungan TNI, POLRI dan BPBD Kepulauan Selayar Tinjau Jembatan Ambruk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Yayasan Tamalatea Makassar Selenggarakan Sholat Idul Adha Berjamaah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Yayasan Tamalatea Makassar dengan penuh suka cita menyelenggarakan perayaan Sholat Idul Adha 1445 H pada...

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...