spot_img

Hadiri Haul Akbar Syekh Yusuf, Leo Simanjuntak : Tuanta Salamaka ‘Bicara Dengan Hati’

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Ikatan Keluarga Besar (IKB) Projek Perintis Sekolah Pembangunan (PPSP) IKIP Ujungpandang yang disingkat dengan IKB PPSP IKIP Ujung Pandang menggelar ‘Haul Akbar Syekh Yusuf Al-Makassari Attammu Taung Sabtu (25/05/2023) sekira pukul 09.00 Wita, di Lingkungan Makam Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makassari Al-Bantani di Jalan Syech Yusuf–Lakiung, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Staf Ahli Jaksa Agung bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejaksaan RI, Leonard Eben Ezer Simanjuntak yang juga mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (inisiator Haul Akbar Syech Yusuf tahun 2023) turut hadir dalam kegiatan ini.

Staf ahli Jaksa Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan, Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Al Khalwati Al Makassari Al Bantani digelari oleh pendukungnya (jemaah) sebagai Tuanta Salamaka ri Gowa (bahasa Indonesianya, Tuan Guru Penyelamat kita dari Gowa, red).

Lanjutnya, apa yang telah dilakukan oleh Syekh Yusuf sehingga dikenal, beliau dianggap sebagai bapak dikalangan masyarakat Islam di Afrika Selatan yang berjuang mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk menentang penindasan dan faham adanya perbedaan warna kulit dan etnis.

“Syekh Yusuf lebih dahulu memperjuangkan persatuan dan kesatuan menentang penindasan serta menunjukkan pada dunia cinta dan kasih tanpa mengenal perbedaan,” ujar Leo Simanjuntak.

Sebab menurutnya, hal ini pula yang menginspirasi perjuangan Nelson Mandela (Mantan Prsiden Afrika Selatan) maka, warna kulit tidaklah membedakan manusia dimata Tuhan, sehingga Nelson Mandela menyebut Syekh Yusuf sebagai Salah seorang putra terbaik Afrika.

Baca juga :  Jelang Peresmian Law Firm Dr H Burhanuddin Andi, Karangan Bunga Berdatangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...