spot_img

Leonard Eben Eser : Dari Sulsel Untuk Indonesia. Meriah Haul Akbar Syekh Yusuf Al-Makassari ke- 325 Tahun

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT- GOWA. Meriah Haul Akbar Syekh Yusuf al-Makassari Tuanta Salamaka Ri Gowa ( Tuan Guru Penyelamat Kita Dari Gowa ) yang dilaksanakan IKB PPSP IKIP Ujung Pandang di pelataran makam Syekh Yusuf di Lakiung Kabupaten Gowa, Sabtu 25/05/2024 .

Kegiatan yang digagas Ketua Umum IKB PPSP IKIP UP, Prof. Dr. Harris Arthur Hedar didukung Staf Ahli Jaksa Agung RI, Leonard Eben Eser Simanjuntak SH, MH. Ini merupakan pelaksanaan haul yang ke dua ( pertama tahun 2023 ) kalinya.

Namun sayangnya sang penggagas haul Akbar 2024 Prof. Dr. Harris Arthur Hedar tidak bisa hadir karena sakit.

Kehadiran ribuan undangan baik dari luar daerah maupun masyarakat sekitar, sebagai bentuk penghargaan untuk mengenang kembali jasa-jasa almarhum Syekh Yusuf semasa hidupnya yang penuh semangat dalam menyebarkan agama Islam dengan cara berdakwah hingga ke Benua Afrika.
Leonard Eben Eser dihadapan undangan berkisah, Syekh Yusuf bukan hanya terkenal di Gowa, tapi juga di Afrika. Di Afrika Syekh Yusuf berhasil ” menghapus ” perbedaan warna kulit hitam dan putih dan anti apartheid.

Selain tokoh dan ulama besar, oleh Pemerintah Afrika Syekh Yuduf diangkat sebagai Bapak Islam karena berhasil meng-Islamkan 12 hingga 15 persen penduduk Afrika ketika itu.

Menurut Leonard, kelebihan lain yang dimiliki Syekh Yusuf, meski sudah berkeliling dunia tetap ingat kampung halaman, beliau tetap kembali ke tanah kelahirannya di Lakiung Kabupaten Gowa.

Semangat berdakwah dan berjihad tetap bergelora, meski sudah ditangkap bahkan diasingkan sekalipun, Syekh Yusuf tetap mengobarkan semangat untuk berjihad bagi masyarakat Banten, agar terus melakukan perlawanan terhadap VOC Belanda.

Baca juga :  Tutup Diklat Kader Partai Gerindra, Andi Seto Ajak Kader Sosialisasikan Prabowo Jadi Capres

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Kanal Marannu Upaya Solusi Krisis Air di Jeneponto 

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Air adalah kebutuhan paling utama kehidupan manusia. Di Jeneponto, persoalan pengadaan air menjadi masalah berkepanjangan,...

Kadispora Sinjai Buka Kegiatan Mahadika Cup II, Pj Bupati Titip Pesan Ini

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mahasiswa Andalan dan Berprestasi KIP-Kuliah (Mahadika) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) menggelar kegiatan Mahadika Cup II...