spot_img

Muhammadiyah Daerah Bulukumba Bina 12 Cabang dan 115 Ranting

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT,BULUKUMBA. Saat ini Muhammadiyah Daerah Bulukumba membina 12 cabang serta 115 ranting. Kehadiran cabang dan ranting tersebut menjadikan Muhammadiyah dapat menyebarkan dakwah dan mengembangkan persyarikatan.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bulukumba Bidang Majelis Pemberdayaan Masyarakat; Majelis Pustaka dan Informasi, Lembaga Lazismu, Syamsul Bakir Hamid kepada media Jumat 23 Mei 2024.

Dijelaskan, cabang yang ada saat ini yakni; Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bulukumba Kota; PCM Gantarang; PCM Gantarang Raya; PCM Kindan; PCM Bonto Bahari; PCM Ujung Loe; PCM Bontotiro; PCM Herlang; PCM Bulukumpa; PCM Rilau Ale;PCM Kajang dan PCM Kajang Dalam.

Kegiatan pada cabang melakukan pengajian rutin sekali sebulan serta merealisasikan program kerja yang telah disepakati pada masing masing PCM.

Saat ini tercatat ada 115 Ranting Muhammadiyah yang menyebar pada desa dan kelurahan yang ada di Bulukumba, tetapi kenyataan hanya sekitar 80 persen ranting yang aktif berkegiatan.

Tantangan dan tugas berat PDM Bulukumba untuk mengaktifkan ranting yang pasif dengan kolaborasi Angkatan Muda Muhammadiyah menyediakan kader kader muda yang siap mengembangkan persyarikatan di lokasi yang kurang aktif tersebut.

Saat ini ada Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) yang merupakan peralihan dari STKIP Muhammadiyah Bulukumba. Alumni perguruan tinggi ini sangat banyak menyebar mengabdi jadi guru dan profesi lain pada instansi pemerintah dan swasta.

Para alumni kampus itu dapat direkrut untuk menjadi pimpinan Muhammadiyah pada tingkat cabang dan ranting.

Saat ini amal usaha Muhammadiyah pada bidang pendidikan di antaranya; SMA Bulukumba; Aliyah Muhammadiyah Bulukumba Kota; Aliyah Muhammadiyah Gantarang; SMK Keperawatan Bulukumba; Aliyah Muhammadiyah Palampang.

Baca juga :  Bupati Irwan Hamid Terima Penghargaan Swasti Saba dari Kemenkes RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Kanal Marannu Upaya Solusi Krisis Air di Jeneponto 

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Air adalah kebutuhan paling utama kehidupan manusia. Di Jeneponto, persoalan pengadaan air menjadi masalah berkepanjangan,...