spot_img

Bertabur Prestasi, MAN 2 Makassar Jadi Rebutan Calon Siswa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pada Penerimaan Siswa Baru (PPSB) Makassar tahun 2024 ini, ada 1.300 lebih calon siswa baru yang mendaftar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar, namun dari 1300 calon siswa tersebut, yang lulus berkas berjumlah 1.200 orang.

“Sayangnya dari 1.200 orang tersebut, yang dapat kami terima di sekolah ini, hanya 480 siswa, ini sudah termasuk jalur Prestasi dan Reguler/Prasejahtera/Afirmasi lainnya,” kata Humas MAN 2 Makassar, Hasan Basri yang ditemui beberapa waktu lalu di ruangannya.

Jalur prestasi, sambung Hasan Basri, adalah jalur masuk yang diperuntukkan bagi peserta didik lulusan MTs/SMP yang memiliki kualifikasi prestasi akademik atau non akademik. Sedangkan jalur masuk lainnya adalah reguler, prasejahtera dan afirmasi. Reguler yakni jalur yang disediakan untuk menjaring peserta didik lulusan MTs/SMP dan memenuhi persyaratan yang ditentukan panitia PPDB.

Sedangkan prasejahtera, kata Hasan Basri, disediakan untuk calon peserta didik dari keluarga prasejahtera dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera/Program Keluarga Harapan, berdomisili dan memiliki Kartu Keluarga Makassar.

“Sedangkan jalur Afirmasi lainnya disediakan untuk calon peserta didik anak dari Guru Madrasah, Tenaga Pendidikan dan Kemitraan,” jelas Hasan Basri.

Besarnya minat masuk ke MAN 2, tambah Hasan Basri, juga lebih disebabkan sekolah yang terletak di jalan Pettarani Makassar itu, menorehkan beberapa prestasi.

“Alhamdulillah ada 87 orang siswa kami yang bebas tes masuk Perguruan Tinggi Negeri, bahkan 7 diantaranya bebas tes masuk fakultas kedokteran. Dibanding sekolah umum lainnya, MAN 2 masih unggul dalam memasukkan anak didiknya ke jenjang PTN tanpa tes,” ujar Hasan Basri.

Baca juga :  Dinsos Kolaborasi DWP Pinrang Serahkan Bantuan Kepada Warga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...