spot_img

PIISEI Cabang Makassar Adakan Kegiatan Seminar Kesehatan Reproduksi Pasca Menopause

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Perkumpulan Istri Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PIISEI) Cabang Makassar, mengadakan kegiatan “Seminar Kesehatan Reproduksi Pasca Menopause yang berlangsung di Aula Prof. Dr. H. Abdurrahman A. Basalamah, lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, Kamis (30/05/2024) kemarin.

Hadir sebagai pembicara, Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Dr. dr. Nasruddin Andi Mappaware, SpOG (K), Objin, MARS, MSc, yang membawakan judul “Kesehatan Reproduksi Usia Menopause” dengan moderator Ketua Bidang Pendidikan PIISEI Dr. Andi Tenriwaru ,SE, M.Ak, yang juga bertindak selaku Ketua Panitia kegiatan.

Selain pengurus dan anggota PIISEI, turut hadir dalam seminar ini, Ketua PIISEI Cabang Makassar, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, yang juga merupakan Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI.

Dalam pemaparannya, Dr. dr. Nasruddin menyatakan, terdapat beberapa ciri jika wanita telah masuk masa menopause. Diantaranya, sering pusing dan mudah pingsan, kulit mulai keriput, libido menurun. “Kemudian, tanda-tanda lainnya saat wanita menjelang menopause, itu diikuti dengan haid yang tidak teratur dan nafas sering sesak. Selain itu, terkadang susah tidur dan jantung yang sering berdebar,” paparnya.

Adapun kronologis masa kehidupan wanita, kata Dr. dr. Nasruddin, dimulai dari masa kanak-kanak yakni antara umur 0-8 tahun. Kemudian, masa pubertas dimulai pada usia 8-11 tahun, namun masa pubertas ini bervariasi bagi wanita. Ada yang hingga usia 12-13 tahun. Masa reproduksi seorang wanita itu dimulai paa usia 12-40 tahun.

“Masa klimekterium seorang wanita itu terdiri dari tiga fase, yakni pre-menopause, post-menopause dan pre-senium. Masa ini dimulai sejak wanita memasuki usia antara 40-65 tahun. Setelah itu, seorang wanita akan masuk ke tahap senium, yaitu usia di atas 65 tahun,” terangnya.

Baca juga :  Polres Pelabuhan Makassar Kawal Pemantauan Harga Bahan Pokok dan Pasar Murah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...

Euro 2024 : Jerman Tim Pertama ke Babak Kedua

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim tuan rumah Jerman memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke babak kedua Grup...