spot_img

KPU Enrekang Cari 644 Petugas PANTARLIN, Ini Jadwal dan Syaratnya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH). Rekrutmen ini bertujuan untuk memastikan validitas data pemilih sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Enrekang, Muhammad Rahmat, menyatakan bahwa KPU Enrekang akan merekrut sebanyak 644 PANTARLIH untuk melayani 482 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Berdasarkan Keputusan KPU RI nomor 638 tahun 2024, jika jumlah pemilih di suatu TPS melebihi 400 orang, maka akan dibutuhkan dua petugas PANTARLIH untuk setiap TPS,” jelasnya.

Para petugas PANTARLIH akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, “katanya, jumat (7/6/2024)

Rahmat menjelaskan bahwa persyaratan untuk menjadi PANTARLIH pada Pilkada ini sama dengan persyaratan pada pemilu sebelumnya. Calon PANTARLIH harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 17 tahun, berdomisili di wilayah kerja, mampu secara jasmani dan rohani, serta tidak menjadi anggota partai politik atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat lima tahun terakhir.

“Masyarakat yang berminat untuk berpartisipasi dalam kesuksesan Pilkada 2024 sebagai PANTARLIH dapat mendaftarkan diri di Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa atau kelurahan masing-masing, “ajaknya.

Berikut jadwal pembentukan PANTARLIH untuk Pilkada tahun 2024:

1. 13-17 Juni 2024: Pengumuman pendaftaran calon PANTARLIH
2. 13-19 Juni 2024: Penerimaan pendaftaran calon PANTARLIH
3. 14-20 Juni 2024: Penelitian administrasi calon PANTARLIH
4. 21-23 Juni 2024: Pengumuman hasil seleksi calon PANTARLIH
5. 23 Juni 2024: Penetapan nama hasil seleksi PANTARLIH
6. 24 Juni 2024: Pelantikan PANTARLIH terpilih. (syafar)

Baca juga :  Wujudkan Lingkungan Bersih, Nyaman dan Indah, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bersama Warga Gelar Karya Bakti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...