spot_img

Disdik Sinjai Komitmen Dukung Pendidikan Inklusif

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Sebagai komitmen dalam mengedepankan hak anak secara merata di sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi sekolah inklusif bertempat di Aula Hotel Sanjaya Putra, Senin (10/6/2024).

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Irwan Suaib dan dihadiri oleh para pejabat Lingkup Disdik Sinjai, Koordinator Pengawas, para Pengawas sekolah, Kepala SMP dan Ketua Gugus Satuan Pendidikan SD Se-Kabupaten Sinjai.

Kadis Pendidikan Irwan Suaib dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa terkecuali melaluu sekolah inklusif.

Olehnya itu, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang merata dan berkeadilan bagi semua anak dengan berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan anak-anak lainnya.

“Pendidikan inklusif ini memerlukan komitmen dan kerja keras dari kita semua. Mari kita jadikan sekolah inklusif ini sebagai contoh dan inspirasi bagi sekolah-sekolah di Kabupaten lainnya. Dengan kebersamaan, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang ramah adil dan inklusif” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, program ini bukan hanya tentang membuka pintu bagi anak-anak berkebutuhan khusus tetapi juga tentang membangun kesadaran dan empati di kalangan seluruh warga sekolah.

“Melalui pendidikan inklusif kita belajar untuk saling menghargai perbedaan dan memperkaya pengalaman belajar satu sama lain. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras mewujudkan sekolah inklusif ini,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Sekolah inklusif merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kekurangan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. (AaN)

Baca juga :  Andi Yuliani Paris Serahkan Mesin Pompa Air Ke Petani, Ini Pesannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...