spot_img

Gelar Tausiah Bersama Jajaran, Kajati Sulsel : Pentingnya Kesadaran Berqurban

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Agus Salim, S.H,M.H., bersama jajaran menggelar Tausiah dengan mengusung tema “Pentingnya Kesadaran Berqurban”, Senin (10/06/2024) bertempat Masjid Baitu Adli Kejati Sulsel.

Agus Salim menuturkan, tausiah ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024 diperkirakan tanggal 10 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Ustad Dr.Takdir MA sebagai pembicara dalam acara Tausiah ini menyampaikan, ibadah qurban merupakan salah satu praktik agama yang memiliki kedalaman makna dan filosofi yang sangat penting untuk dipahami oleh umat Muslim.

Lebih dari sekadar sebuah tradisi, qurban mengandung nilai-nilai spiritual, sosial, dan kemanusiaan yang mendalam. Penting bagi umat Muslim untuk memahami makna dan filosofi di balik ibadah qurban agar dapat melaksanakannya dengan penuh penghayatan dan kesadaran.

“Salah satu aspek utama dari ibadah qurban adalah pengorbanan,” ucapnya.

Ketika seseorang memilih untuk menyembelih hewan qurban, ia mengorbankan sebagian dari harta yang telah diberikan Allah kepadanya. Pengorbanan ini mencerminkan ketaatan dan kepatuhan kepada perintah Allah, serta rasa syukur atas segala karunia yang diberikan-Nya.

Dengan mengorbankan sesuatu yang berharga bagi dirinya, seorang Muslim menguji kesetiaan dan ketulusan imannya.

“Apa yang harus dilakukan apabila kita hendak berqurban ?,” tanya Ustad Dr. Takdir MA.

Jawabnya, “Yaitu merenung untuk bersungguh-sungguh melaksanakan qurban” sebagaimana hal ini ditegaskan Allah SWT dalam Surat Al – ‘Ankabut ayat 69 : Allah Bersama Orang-orang yang Berbuat Baik. “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”

Baca juga :  Kerusuhan Suporter Terjadi Secara Kultural Struktural, Andi Ahmad Hasan Tenriliweng Raih Doktor Sosiologi Konflik Olahraga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...

Euro 2024 : Jerman Tim Pertama ke Babak Kedua

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim tuan rumah Jerman memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke babak kedua Grup...