spot_img

AIA Running Pilgub Sulsel, Cagub Lain Ada Yang Jadi Penonton ? Ini Analisis Pengamat Politik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pengamat Politik dari Universitas Cahaya Prima (Uncapi) Bone, Dr Hamka Hakim memprediksi Andi Iwan Aras (AIA) running Pilgub Sulsel mendatang.

Dibandingkan dengan calon gubernur (Cagub) lain seperti Andi Sudirman Sulaiman (ASS), Muhammad Ramdhan Pomanto (DP), dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

“Dinamika politik pilkada serentak 27 November mendatang terutama pilgub Sulsel maka dipastikan ada yang jadi penonton,” ungkap Dr Hamka mantan sekjen DPP Gema Kosgoro ini.

Selanjutnya, mantan ketua senat Fisip Unhas ini memberikan penilaiannya berdasarkan beberapa faktor yakni tahapan pendaftaran calon pilkada masih dua bulan lebih yakni akhir Agustus, sehingga Cagub belum ada yang resmi mendapatkan rekomendasi partai pengusung, sementara adanya kekuatan besar dibalik pemodal serta relasi penguasa dan pengusaha yang menghendaki pilihan Paslon berbeda.

“Kita tidak menapikan relasi kuasa dan pengusaha dalam Pilgub Sulsel,” ujar alumnus Doktor Administrasi Publik Unhas ini.

Sejatinya, kata mantan Dekan Fisip Unsulbar ini bila melihat struktur yang paling siap dan kuat adalah Andi Iwan Aras (AIA) selain memiliki modal sosial sebagai anggota DPR RI tiga periode berturut-turut juga karena kemampuan komunikasi politik ketua DPD Gerindra Sulsel ini berhasil mempertahankan dan menambah perolehan kursi pusat dan menambah perolehan caleg terpilih propinsi menjadi 13 kursi.

“Poinnya adalah pileg 2024 Gerindra dapat 13 kursi,” ucap tutor UT terbaik Indonesia ini.

Selain itu, mantan ketua prodi magister UIT inipun menganalisa, pihak DPP Gerindra memiliki misi untuk memperkuat kadernya yang mencalonkan diri pada pilkada serentak 27 November mendatang sehingga penguatan dan perhatian di Sulsel dan Makassar menjadi target dan prioritas.

Baca juga :  DPD Apdesi Sulsel Gelar Musda IV, SC : Semoga Bisa Lahirkan Pemimpin Kualifaid

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...