spot_img

Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Mahasiswa, Ipmil Raya UMI Hadirkan Dialog Publik

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pengurus Ipmil Raya UMI mengadakan kegiatan dialog dengan mengusung tema “Partisipasi Mahasiswa dalam Tahun Politik”, Selasa, 11 Juni 2024 yang diselenggarakan di kantor DPD KNPI Kota Makassar, Jl AP Pettarani Kota Makassar.

Ketua Ipmil Raya UMI Adnan Prawansyah mengatakan, mahasiswa adalah intelektual yang memiliki tempat istimewa dimata masyarakat. Mereka dianggap memiliki peranan penting dalam sejarah berdirinya pemerintahan Indonesia, terutama dalam menyambung suara rakyat yang dipercaya masih begitu jujur, idealis dan bebas dari tunggangan kelompok manapun.

Kampus juga merupakan sebuah prototype negara bagi mahasiswa. Kampus adalah pesemaian yang subur bagi mahasiswa untuk mengasah karakter politiknya sebelum terjun di masyarakat maka sangat wajar bilamana pendidikan politik bagi mahasiswa sangatlah penting.

Namun, ditengah kelompok intelektual ini masih ada pandangan apatis terhadap politik yang ada di Indonesia, contohnya saja pada pemilu.

“Mahasiswa masih banyak yang memilih menjadi golongan putih (golput) atau tidak menggunakan hak pilihnya,” kata Adnan Prawansyah.

Semestinya, mahasiswa mempunyai peranan sentral dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu demokrasi, bukan malah membantu menyebarkan luaskan pandangan tentang apatisme (golput).

“Untuk menjaga marwah demokrasi, mahasiswa sebaiknya tidak apatis dan hanya berdiam diri serta acuh tak acuh terhadap kontestasi pemilu di Indonesia,” ujarnya.

Maka sudah sangat jelas sekali akan partisipasi mahasiswa dalam momentum politik yang akan datang nantinya.

Untuk itu, perlu membangun rasa peduli mahasiswa lalu memberikan edukasi pendidikan politik sebab jika kesadaran politik mahasiswa tidak dibangunkan dari zona apatis, bukan tidak mungkin keberadaan mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat akan sia-sia hak suara yang dimilikinya. Apalagi keberadaan mahasiswa sangat signifikan sebagai agent of change juga social of control.

Baca juga :  Dinkes Sinjai Terjunkan PSC 119 di Pos Pengamanan Nataru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...