spot_img

Komisi II DPRD Pinrang Tinjau Langsung Aset Pemkab Pinrang Di Desa Sikkuala

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Komisi II DPRD Pinrang melakukan peninjauan langsung lokasi aset Pemkab Pinrang yang berada di Desa Sikkuala, Kecamatan Cempa, Rabu (5/6) lalu.

Peninjauan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi II DPRD Pinrang, A Pallawagau Kerrang diikuti Anggota Komisi II lainnya.

Aset Pemkab Pinrang tersebut berupa lahan persawahan dengan luas 43,15 hektar yang digarap oleh warga setempat sebanyak 32 orang petani penggarap.

Saat dialog bersama dengan para petani penggarap itu, Komisi II mendapat keluhan dimana panen padi yang dihasilkan terus mengalami penurunan, dibanding tahun-tahin sebelumnya.

Menurut para petani tersebut, hal ini diakibatkan kurangnya pupuk bersubsidi yang didapatkan. Mereka mengaku hanya menggunakan pupuk non subsidi yang harganya cukup mahal, sehingga pemakaiannya dikurangi. Karenanya, hasil panen yang didapatkan menurun yang berimplikasi terhadap kontribusi pendapatan daerah yang juga menurun.

Menanggapi itu, Ketua Komisi II DPRD Pinrang, Pallawagau Kerrang mengatakan, pihaknya akan meneruskan keluhan petani penggarap ini ke Pemerintah Kabupaten. Ia meminta, instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Holtikultura agar mencarikan solusi dan alternatif terkait kebutuhan pupuk bersubsidi kepada petani penggarap aset Pemda tersebut.

“Jika hal ini terus dibiarkan, maka penghasilan mereka akan menurun sehingga juga berdampak pada PAD Pinrang. Saya kira, hal ini perlu mendapat perhatian serius,” kata Pallawagau.

Pallawagau berharap, pihak Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cempa harus eksis memberikan bimbingan ke petani penggarap ini agar dapat menghasilkan panen yang maksimal.

Baca juga :  Cegah Tindak Kejahatan di Malam Hari, Polsek Mamajang Gencarkan Patroli Wilayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Sulsel A Ibrahim Jadi Pemateri di IHT SMAN 1 Barru, Ingatkan ke Guru Pesan Ki Hajar Dewantara

PEDOMANRAKYAT, BARRU - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Barru melaksanakan In House Training (IHT) yang dibuka Sekretaris...

Ciptakan Persatuan dan Kerukunan, Anggota Koramil 1408-08/Makassar Ajak Warga Lestarikan Lingkungan Sehat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Koramil 1408-08/Makassar bersama warga binaan melakukan kegiatan Karya Bakti pembersihan selokan, pasar dan penanaman pohon...

IKA IPA 9-10 SMANSA 82 Gelar Reuni di Malino, Dimeriahkan Lomba Karaoke dan Pertandingan Domino

PEDOMANRAKYAT, MALINO - Keluarga Besar Ikatan Alumni (IKA) IPA 9-10 SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan 1982 kembali...

GMKI Kota Makassar Gelar Dialog Cawalkot 2024, Ahmad Susanto Sampaikan Ini ke Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Makassar menggelar dialog bersama jajaran calon pemimpin di Kota Makassar. Dialog...