spot_img

Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Akan Kembali ke Istana Balla Lompoa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pengacara Andi Kumala Idjo Raja Gowa ke 38 atau Sombayya Ri Gowa, Wawan Nur Rewa menyebut Istana Balla Lompoa di Sungguminasa rencana akan diaktifkan dan dikelola kembali oleh Lembaga Adat Kerajaan Gowa yang dipimpin langsung Raja Gowa ke 38.

Kata Wawan, kabar tersebut tentunya membuat masyarakat Gowa berbahagia lantaran Raja Gowa kembali ke Istana Balla Lompoa.

“Saya menyampaikan pemegang tahta kerajaan yang sesungguhnya akan kembali ke Istana Balla Lompoa yaitu Raja Gowa Andi Kumala Idjo, tentunya masyarakat Gowa turut berbahagia, yang telah menunggu lama akan masuknya Raja Gowa 38 ke Istana,” kata Wawan kepada Wartawan saat Jumpa Pers di Warkop Sungguminasa, Jumat (14/06/2024) sore.

Menurutnya, langkah itu diambil sebagai kecintaannya terhadap budaya dan sejarah untuk menghargai peninggalan para pejuang dan para Raja di Gowa.

“Tidak mungkin sebuah rumah yang masih ada penghuninya disebut sebagai meseum atau cagar budaya,” tuturnya.

Lanjut disampaikan, ia juga terharu atas dirinya diangkat sebagai Pengacara Raja Gowa ke 38, yang membuatnya semangat untuk mengawal kepentingan Hukum Raja Gowa Andi Kumala Idjo.

“Saya terharu atas diangkatnya kami sebagai Pengacara Raja Gowa ke 38 untuk mengawal kepentingan Hukum Raja, tentunya sayapun berhagia dengan rencana akan kembalinya masuk Istana Balla Lompoa oleh Raja Gowa ke 38, inilah momentum yang lama ditunggu oleh masyarakat Gowa,” terangnya.

Hal ini disebut, akan menarik parawisatawan mancanegara untuk berkunjung melihat langsung kultur kerajaan Gowa di Istana Balla Lompoa.

Baca juga :  Semifinal Piala Dunia U20 : Italia vs Korsel, Dibayangi Memori 2002

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...