spot_img

Lagi, Petani di Sinjai Kembali Terima Bantuan Mesin Pompa Air

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia kembali menyalurkan bantuan mesin pompa air untuk kelompok tani yang ada di Kabupaten Sinjai.

Bantuan pompa air yang jumlahnya 7 unit ini diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin di Halaman Kantor Gabungan OPD jalan Persatuan Raya, Kamis (20/6/2024).

Kepala Bidang Prasarana dan Penyuluhan Pertanian Dinas TPHP Sinjai, Hj. Surianti menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan tahap kedua yang diterima oleh Petani di Sinjai. Dimana sebelumnya sudah ada 32 unit mesin pompa air yang saat ini sudah dibagikan kepada petani.

“Hari ini kami menerima bantuan mesin pompa sebanyak 7 unit sehingga total bantuan yang sudah disalurkan oleh Kementan pada tahun ini sebanyak 39 unit. Mesin pompa ini disalurkan untuk petani yang ada di 8 kecamatan kecuali Pulau Sembilan,” katanya.

Dengan adanya bantuan mesin pompa air ini, dampak fenomena El Nino yang bisa mengakibatkan penurunan produksi dan produktivitas tanaman pangan, khususnya tanaman padi bisa diiminimalkan.

“Jadi ini merupakan salah satu program dari Kementan dengan harapan bisa meningkatkan produksi dan indeks pertanaman padi,” ujarnya.

Surianti berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh petani dan memanfaatkan sumber-sumber air yang ada disekitar wilayah persawahan mereka.

Meski demikian, ketersediaan mesin pompa air dalam mendukung percepatan masa tanam, diakui memang belum mencukupi. Karena itulah, Pemkab Sinjai mengusulkan bantuaan pompa air ke Kementerian Pertanian guna meningkatkan produksi padi melalui gerakan pompanisasi lahan tadah hujan.

Baca juga :  Sholat Dhuha Berjamaah, Bhabinkamtibmas Pulau Kodingareng Hadir di Tengah Siswa-Siswi SMPN 38 Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...