spot_img

Wartawan Kompeten Harus Bisa Hentikan Penyebaran Berita Bohong

Bagikan:

Tanggal:

Laporan : Manaf Rachman

WAKIL Ketua PWI Sulsel bidang organisasi, H. Manaf Rachman dalam sambutannya mewakili ketua PWI Sulsel mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan merupakan momen penting bagi para wartawan untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan mereka dalam dunia jurnalistik, yang semakin kompleks dan berubah-ubah.

PWI Provinsi Sulsel kembali menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-28 yang diikuti 17 orang wartawan meliputi UKW jenjang Muda 12 orang wartawan dan UKW jenjang Madya 5 orang wartawan.

Dikatakan, seorang wartawan harus selalu berusaha untuk menghadirkan informasi yang akurat, terpercaya, dan berimbang kepada masyarakat. Ini bukanlah tugas yang mudah, terutama dalam era digital yang sangat berdampak pada  penyebaran informasi bohong yang cepat.

Untuk itulah, dengan UKW diharapkan para wartawan yang sudah  kompeten harus memiliki tanggungjawab untuk menangkal berita atau informasi yang menyesatkan dan umumnya dilakukan oleh media yang belum  terverifikasi.

“Uji kompetensi menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa para wartawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan tugas profesi dengan baik,” ujar wartawan kelahiran Pangkep yang kini menjadi pemimpin redaksi Media Sinergi.

Sementara itu, Ketua Tim Penguji UKW PWI, Merson Simbolon dalam sambutannya mengatakan, program UKW terus digalakkan oleh PWI di seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk bisa melahirkan wartawan yang kompeten.

Selain UKW, PWI juga kini mengembangkan program Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) yang dilaksanakan di seluruh provinsi. Program UKW dan juga SJI dihadirkan dalam menjawab tantangan hadirnya informasi yang terpercaya dan akurat. Adapun tim penguji UKW lainnya adalah Naskah M.Nabhan dan A. Faisal Syam.

Baca juga :  Muhammadiyah: Pilpres Sudah Selesai, Kita Songsong Masa Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...