spot_img

Ciptakan SDM Terampil, Dinas PUPR Sinjai Akan Gelar Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Konsisten dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai kembali membuka pendaftaran Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi jenjang 5 pelaksana pekerjaan gedung madya dan jenjang 6 Manajer lapangan pelaksanaan pekerjaan gedung.

Pendaftaran gelombang kedua dibuka dari tanggal 27 Juni hingga tanggal 3 Juli 2024 bagi lulusan SMA/SMK, D1, D2, D3 hingga sarjana sesuai syarat yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas PUPR Sinjai H. Haris Achmad saat ditemui, Jumat (28/6/2024) mengatakan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Kementerian PUPR untuk melaksanakan kegiatan ini.

Program ini kata Haris, tidak lain agar untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi bagi pelaku konstruksi sehingga menjadi tenaga kerja yang profesional dan terampil.

“Tiap tahun kita laksanakan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kompetensi bagi para pelaku kosntruksi di Sinjai dan dalam pelaksanannya tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis,” jelasnya.

Rencana pelatihan uji sertifikasi ini sesuai Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang konstruksi. Dimana para pekerja konstruksi dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi maka diwajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi.

“Harapan kami para tenaga kerja konstsuksi khususnya pembangunan gedung di Kabupaten Sinjai bisa memanfaakan dengan baik kesempatan ini,” sambung Haris.

Sementara itu, Pembina Jasa Kostruksi Dinas PUPR Sinjai, Akmal menambahkan bahwa pihaknya menargetkan sebanyak 50 peserta untuk mengikuti sertifikasi ini dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2024 mendatang.

Baca juga :  Wali Kota Makassar Intens Pantau Lorong Wisata di Panakukang, A. Pangerang : Dua Kelurahan Sudah Mantap, Yang Lain Berbenah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...