spot_img

Pemda Enrekang Siapkan KLHS RPJPD 2025-2045 Untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Landasan Visi Misi Calon Bupati

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), mengadakan Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Enrekang Tahun 2025-2045. Acara ini digelar di ruang pola kantor Bupati dan dibuka langsung oleh Plt Kepala Bappelitbangda, Dr. Zulkarnain Kr. M.Si, pada Jumat, 28 Juni 2024.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten III Sekretaris Daerah, sejumlah Kepala Dinas/Badan, sejumlah Camat se-Kabupaten Enrekang, Ketua APDESI Enrekang, pimpinan perguruan tinggi dan akademisi, serta perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat, LSM, dan organisasi profesi.

Plt Kepala Bappelitbangda Enrekang, Zulkarnain Kr, menyatakan bahwa konsultasi publik ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis dan perumusan isu strategis yang terkait dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Kabupaten Enrekang.

“Tahapan ini dianggap penting dalam penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Enrekang untuk periode 2025-2045,”kata Zulkarnain kepada Pedoman Rakyat, Jumat (28/6).

Menurut Zulkarnain, kajian ini akan mengkaji parameter-parameter dan indikator-indikator makro tentang lingkungan sosial serta aspek lainnya untuk rencana pembangunan jangka pendek 5 tahun dan jangka panjang 25 tahun.

“Kami akan menganalisis data-data makro dan mikro di Kabupaten Enrekang agar pembangunan berjalan sesuai dengan rencana yang telah kami susun,” jelasnya.

“Prinsipnya, jika kita tidak berencana, maka sebenarnya kita merencanakan kegagalan. Oleh karena itu, kita berikhtiar untuk merencanakan sedetail mungkin terkait dengan lingkungan. Nantinya, KLHS akan digunakan sebagai instrumen untuk mengisi data-data di RPJMD dan RPJPD yang akan menjadi landasan bagi seluruh calon Bupati dalam menyusun visi dan misi mereka,” terangnya.

Baca juga :  Sambangi Yonif Raider 700/WYC, Pangdam Hasanuddin : Profesional Tidak Tergantung Pangkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...