spot_img

Dinas PUPR Sinjai Buat Master Plan Drainase Perkotaan, Ini Harapan T.R. Fahsul Falah

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya menyelesaikan permasalahan banjir dan genangan yang kerap terjadi di wilayah perkotaan saat hujan deras.

Salah satunya dengan menggandeng akademisi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin untuk menyusun masterplan drainase.

Upaya ini ditandai dengan diadakannya diskusi pendahuluan perencanaan teknis master plan drainase wikayah perkotaan yang berlangsung di Aula Rumah Makan Wiring Empang, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah.

Dalam arahannya Pj. Bupati Sinjai menyampaikan bahwa melalui master plan drainase ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pembangunan dan pengembangan sistem drainase secara terencana, terpadu dan berkelanjutan.

“Dalam penyusunan master plan drainase ini harus memanfaatkan teknologi yang ada atau aplikasi untuk mengetahui titik terendah sehingga nantinya betul-betul terukur dan menghasilkan dokumen yang bisa menjadi pedoman,” katanya.

Meski demikian, lanjut T.R. Fahsul Falah, normalisiasi drainse yang dilakukan beberapa bulan terakhir uni merupakan hal yang harus dilakukan sebab tingginya sedimen lumpur yang menyebabkan terjadi genangan.

Selain itu, kesadaran warga dalam memelihara drainase dari sampah merupakan hal utama yang harus dilakukan agar tidak terjadi penyumbatan keita intensitas hujan meningkat.

Kepala Dinas PUPR H. Haris Achmad dalam laporannya mengatakan bahwa permasalahan yang dihadapi hampir tuap tahun di wilayah perkotaan adalah banjir.

Atas dasar itu, pihaknya merencanakan untuk menyusun rencana induk drainase wilayah perkotaan dengan menggandeng LPPM Universitas Hasanuddin Makassar.

Baca juga :  Dr. Muhammad Shuhufi, M.Ag : Pasangan Ibrahim-Siti Hajar A.S Lahirkan Seorang Generasi Teladan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...