spot_img

Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, KAHMI Sulsel Terbitkan Maklumat Keummatan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Sulawesi Selatan menerbitkan imbauan kepada ummat Islam menyongsong tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1446, Sabtu, 6 Juli 2024 petang.

Imbauan yang dikemas dalam dokumen bertajuk Maklumat Keummatan itu, ditandatangani langsung oleh Koordinator Presidium MW KAHMI Sulsel Prof. Dr. Aminuddin Sam, SKM, M.Med.Ed.

Untuk diketahui, tahun baru 1 Muharram 1446 Hijriyah jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. KAHMI Sulsel berharap, semangat menyambut tahun baru Islam seharusnya seturut dengan euphoria ketika memasuki tahun baru Masehi.

Dalam dokumen Maklumat Keummatan tersebut, KAHMI Sulsel mengharapkan ummat Islam tidak merayakan tahun baru Hijriyah dengan acara hura-hura atau berpesta.

“Tapi kita perlu melakukan refleksi dan evaluasi diri, sembari memanjatkan doa, bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat usia setahun yang telah berlalu,” tulis Prof Amin, sapaan karib Prof Aminuddin Sam.

Tahun baru Hijriyah, catat Prof Amin, dapat dimaknai sebagai momentum hijrah yang tidak saja dimaknai secara fisik, tetapi juga secara rohaniah spiritual untuk menjemput kehidupan dan peradaban yang lebih baik.

Atas dasar itulah, maka MW KAHMI Sulsel mengimbau kepada ummat Islam di Sulawesi Selatan dan seluruh Indonesia, untuk menjadikan 1 Muharram 1446 H sebagai momentum strategis untuk muhasabah diri pribadi atas pengabdian dan penghambaan kita kepada Sang Khalik.

“Penghambaan kita kepada Khalik ini yang antara lain termanifestasikan dalam aspek kemanusiaan, bahwa sebaik-baiknya manusia adalah memberi manfaat baik kepada orang lain,” sebut Prof Amin dalam dokumen tersebut.

Baca juga :  WR III UCM Raih Gelar Doktor di Unhas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...