spot_img

Berhasil Tekan Angka Kemiskinan, Ini Strategi Pemkab Sinjai

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai berkomitmen untuk terus menekan angka kemiskinan. Terbukti beberapa tahun terakhir ini, angka kemiskinan di Sinjai terus mengalami penurunan.

Kepala Bappeda Sinjai Haerani Dahlan dalam dialog OPD Bicara di Studio Radio Suara Bersatu, Selasa (9/7/2024) mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), kemiskinan di Sinjai tiap tahun angkanya menurun.

Terbaru, BPS Sinjai mencatat angka kemisminan turun dari 8,80 persen di tahun 2022 turun menjadi 8,55 persen di tahun 2023. Atau jumlahnya dari 21.670 jiwa turun menjadi 21.140 jiwa.

Menurut Haerani, capaian ini tidak lepas dari berbagai program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai. Terlebih di masa transisi kepemimpinan Pj. Bupati T.R Fahsul Falah, pengentasan kemiskinan ekstrem merupakan salah satu program prioritasnya.

Ia menyebutkan beberapa program yang dilaksanakan seperti menyiapkan jaring pengaman sosial melalui bantuan sosial tunai maupun bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) yang dampaknya dirasakan masyarakat.

Kemudian, upaya Pemkab Sinjai dalam menciptakan Lapangan kerja untuk masyarakat melalui pelatihan hingga pendampingan diberbagai sektor.

“Beberapa OPD terkait seperti Dinas Perindag maupun Dinas Koperasi dan UMKM rutin melakukan pelatihan kepada masyarakat yang punya potensi di berbagai bidang, seperti yang memiliki jiwa usaha. Pemkab juga melakukan pendampingan hingga membantu hasil produk yang dihasilkan,” jelasnya.

Selaib itu lanjut, Haerani, setiap OPD terkait memiliki program kerja dan inovasi yang outputnya memang diharapkan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem.

Baca juga :  Andi Lukman : Lektor Kepala Mulai Juli 2022 Diproses Di LLDIKTI IX Sultanbatara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...