spot_img

Penyumpahan Program Profesi Insinyur Unhas, Dr Ashury Bicara Rekayasa dan Operasional Pelabuhan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar kegiatan Pengambilan Sumpah Program Profesi Insinyur Periode Juli 2024, di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Senin (08/07/2024) sekira pukul 20.00 Wita. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa.

Salah satu mahasiswa yang turut disumpah dalam kesempatan tersebut adalah Dr. Ir. Ashury Djamaluddin, ST, MT mengungkapkan rasa bahagianya setelah dirinya bisa ikut dalam penyumpahan tersebut.

Selain itu, Dr Ashury juga telah menerbitkan 10 buku yang sesuai dengan kompetensinya di bidang Rekayasa dan Operasional Pelabuhan. Buku terbaru yang telah ia terbitkan berjudul Manajemen Operasional Pelabuhan dan Perencanaan Pelabuhan dan Terminal.

“Di dalam buku saya itu, berbicara tentang operasional pelabuhan, terutama bagaimana seharusnya operasional di dalam pelabuhan petikemas,” jelas Ashury yang juga tercatat sebagai dosen S3 Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Kelautan Unhas.

Saat ditanya oleh media ini terkait permasalahan sebenarnya yang terjadi di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia khususnya di pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan bagaimana solusinya, pria murah senyum itu mengatakan, kekurangannya ada pada pembenahan.

“Kalau kita pengen pelabuhan kita itu seperti diluar negeri, tentu kita harus mengikuti standar-standar yang berlaku secara internasional. Khususnya di terminal petikemas disitu masih menggunakan sistem operasional yang konvensional,” terangnya.

Lanjutnya, kalau di luar negeri itu sudah menggunakan semi modern. Jadi bongkar muat yang mereka lakukan itu sudah menggunakan teknologi robotik, alias sudah jarang menggunakan tenaga manusia.

Baca juga :  Jepang Tawarkan Program Review Ke Pemkab Sinjai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...