PEDOMANRAKYAT, SINJAI — Sebagai wujud komitmen dalam menjaga keandalan pasokan listrik bagi masyarakat, PT PLN (Persero) UP3 Bulukumba melalui ULP (Unit Layanan Pelanggan) Sinjai bergerak cepat dalam melakukan penanganan dan pemulihan jaringan listrik pasca bencana tanah longsor dan pohon tumbang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.
Bencana yang terjadi di beberapa titik seperti Gantarang, Mattirowalie, Sattulu, hingga perbatasan antara Desa Kompang dengan Desa Gantarang menyebabkan gangguan jaringan distribusi dan putusnya akses ke lokasi terdampak. Akibatnya, sebanyak 1.045 pelanggan mengalami padam listrik sejak bencana terjadi.
Untuk mempercepat proses pemulihan, PLN Sinjai mengerahkan tim gabungan yang terdiri dari 40 personel Pelayanan Teknik ULP Sinjai, 9 pegawai PLN, dan 3 tim vendor KHS, serta mendatangkan 1 unit mobile crane dari PLN UP3 Bulukumba guna menunjang pekerjaan berat di medan yang sulit dijangkau.
Jenis pekerjaan yang dilakukan di lapangan mencakup perbaikan konstruksi Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Gardu Distribusi (GD), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), serta Sambungan Rumah (SR) yang terdampak akibat longsor dan pohon tumbang.
“Kami langsung mengaktifkan siaga darurat dan melakukan asesmen lokasi begitu menerima laporan kejadian. Meski akses sempat terputus dan medan cukup ekstrem, tim kami tetap bekerja tanpa henti untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik kepada pelanggan,” ujar Muh. Ridha Modeong, Manager PLN ULP Sinjai.