“Model analisis wacana dalam mengkaji isi teks pada kongten ceramah menurut Teun A.van Dijk mencakup tiga hal, dimensi teks (bagaimana struktur teks, dan strategi wacana yang dipakai untuk mengakses suatu temuan tertentu), dan kognisi sosial, yakni mempelajari proses produksi teks ceramah dalam video yang melibatkan koginisi individu. Juga, dimensi konteks sosial, yakni mempelajari bagaimana wacana yang berkembang dalam masyarakat akan suatu masalah,” ujar yang menyelesaikan S-1 di UMI (2001) dan S-2 Komunikasi Politik dan Pemerintahan Universitas Satria Makassar (2012) tersebut.
Lulusan S-2 Studi Media dan Dinamika Politik Unhas (2013) tersebut mengatakan, platform youtube dibutuhkan dalam memproduksi konten sedekah dan infak sebagai media komunikasi dakwah. Merespon kemajuan teknologi yang begitu pesat, BKM sebagai perusahaan media terbesar di Sulsel dan Sulbar bergeming.
“Manajemen langsung mendirikan Channel Youtube dengan memproduksi konten-konten yang menarik, terutama konten sedekah dan infak,” ujar suami Hernawati Am Keb., SKM dan ayah dari Muhammad Fikra Shadiq dan Nurul Fatihah Almakrifah tersebut.
Menurut Dr.Irwan, berdasarkan data 2024, China merupakan pengguna youtube terbesar di dunia, yakni 1 miliar pengguna. Disusul India dengan 467 juta pengguna, Amerika Serikat 246 juta pengguna, dan Indonesia 167 juta pengguna.
“Adapun platform terpopuler yang digunakan di dunia facebook (3,050 miliar pengguna), youtube (2,490 miliar pengguna), WhatsApp (2,090 miliar pengguna) dan instagram 2 miliar pengguna,” ujar Dr.Irwan dalam ujian promosi yang dipadati anggota Ikatan Dai Muda Indonesia (IDMI), komunitas promovendus. (mda).

