Kemudian Empati atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan bersikap seperti itu pasti menimbulkan kepedulian kepada sesama
“Selanjutnya Audible atau dapat dimengerti, yaitu semua yang disampaikan dengan mudah dipahami seluruh orang meski latar belakang termasuk pendidikannya berbeda-beda.
Untuk melengkapi itu maka perlu Clarity atau penyampaiannya menggunakan kalimat terbuka dan sederhana.
Terakhir adalah Humble atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan. REACH akan sangat berarti jika dilengkapi dengan huruf ‘A’ dan ‘C’ yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya,” terang Dr Aqua.
Kepada yang hadir pehobi membaca dan silaturahim itu juga menekankan bahwa siapapun harus menjaga kebersihan hati. Kemudian selalu komunikasi yang baik dengan siapapun dan berkomunikasi dengan empati.
Saat sesi tanya-jawab salah seorang peserta Ary Nur Prabowo dari Yogyakarta menyampaikan kekagumannya pada Dr Aqua, karena dinilai energik sebab selama ini hampir setiap hari rutin melaksanakan silaturahim.
Selain itu dalam sehari bisa melakukan tiga hingga empat sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi bahkan terkadang lebih dan kondisi fisiknya tetap segar. Juga tidak pernah kekurangan pekerjaan sebagai motivator. Undangan terus berdatangan.
“Sementara motivator yang lain termasuk saat pandemi Covid-19 banyak yang kekurangan pekerjaan. Mas Aqua malah tidak punya waktu karena sangat banyak yang mengundang untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Padahal Mas Aqua dalam mempromosikan dirinya jarang menggunakan media sosial seperti yang banyak dilakukan para motivator terkenal di Indonesia. Rahasianya apa Mas Aqua?” Tanya Ary dengan penuh rasa kagum.
Menjawab pertanyaan Ary, Dr Aqua mengatakan selama ini dirinya memang jarang menggunakan media sosial untuk mempromosikan diri dan aktivitasnya.
Mantan wartawan di banyak media itu lebih mengandalkam pemasaran dari mulut ke mulut.
“Hasilnya dahsyat dan luar biasa. Selama ini saya telah merasakan langsung hal tersebut.
Diantaranya undangan untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi terus berdatangan, sehingga saya kekurangan waktu termasuk saat pandemi Covid-19,” terang Dr Aqua.
Pria yang sangat rendah hati itu mengatakan semuanya karena Tuhan. Banyaknya undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang diterimanya merupakan buah dari rajin silaturahim dengan ikhlas secara universal. Sehingga sebagian dari mereka yang didatangi tanpa diminta mempromosikan dirinya.
“Selama ini saya memang jarang mempromosikan diri melalui berbagai media sosial. Kebanyakan promosinya dari mulut ke mulut. Para relasi yang mereferensikan saya ke teman-temannya. Ternyata itu efektif sekali. Saya selama belasan tahun telah merasakan hasilnya,” jelas Dr Aqua.
Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat itu melanjutkan setiap mendapat amanah melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi selalu berusaha tampil maksimal. Sehingga yang mengundangnya puas dan akan kembali mengirimkam undangan serupa.
Selain itu, tambah Dr Aqua, tanpa diminta, mereka yang merasa puas akan menceritakan hal tersebut ke banyak orang. Ini merupakan promosi gratis yang sangat efektif.
(*).