Selawat Kepada Nabi SAW

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Suatu hari, Rasulullah SAW didatangi oleh seorang Yahudi dengan membawa empat orang saksi. Si Yahudi melapor kepada Rasulullah SAW, jika salah seorang lelaki Muslim telah mencuri untanya.

Sang Yahudi menuntut keadilan dengan meminta agar unta miliknya dikembalikan kepadanya dan sang Muslim dihukum sesuai hukum Islam yang berlaku saat itu.

Dikarenakan sang Yahudi membawa empat orang saksi, dan keempatnya membenarkan pernyataan sang Yahudi, maka unta yang tadinya dimiliki oleh sang Muslim diambil dan diserahkan kepada sang Yahudi.

Sang Muslim merasa bingung dan sedih dengan keputusan yang diambil oleh Rasulullah SAW, ia kemudian mengangkat tangan dan berdoa, “Ya Allah…Ya Tuhanku…Engkau Maha Mengetahui, bahwa unta tersebut bukan aku yang mencuri.”

Setelah berdoa, sang Muslim berkata kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah … keputusan yang baginda ambil sudah tepat, namun alangkah baiknya baginda bertanya pula kepada unta yang diklaim milik si Yahudi.”

Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada unta, “Wahai unta, sesungguhnya milik siapa engkau ini?”

Sang unta menjawab, “Aku milik orang Muslim itu, empat orang saksi yang dibawa oleh sang Yahudi, adalah saksi palsu.”

Mendengar jawaban sang unta, Rasulullah bertanya kepada si Muslim, “Beritahukan kepadaku, apa yang telah engkau perbuat, sehingga Allah SWT mengizinkan unta tersebut berbicara dan memberi kesaksian untuk kepentingan anda.”

Si Muslim menjawab, “Aku tidak pernah tidur, sebelum berselawat beberapa kali kepadamu ya Rasulullah.”

Baca juga :  Hari Jadi Sinjai Ke-458 Tahun, Bupati Sinjai Beberkan Torehan Prestasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...