Kepala DP3AP2KB Sinjai Apresiasi Lahirnya Inovasi MALAKUSI

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Sebagai salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai terus berupaya memberikan pelayanan maksimal.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melahirkan sebuah inovasi Rumah Pelayanan Keluarga Sinjai (MALAKUSI). Inovasi ini dicetuskan oleh Sekretaris DP3AP2KB Sinjai Anugrahwati A.M. Djafar dalam aksi perubahan dalam rangkaian Diklat pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan V tahun 2022 di PPSDM Kemendagri Regional Makassar.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/11/2022) Anugrahwati menuturkan bahwa inovasi ini lahir dilatar belakangi karena tidak terdapatnya ruang tunggu bagi masyarakat yang datang ke kantor DP3AP2KB Sinjai, termasuk sarana dan prasarananya.

"Sebelumnya warga yang ingin mendapatkan pelayanan biasanya hanya menunggu di parkiran atau didepan Kantor. Kondisi ini sangat mengganggu kualitas pelayanan yang belum mendukung terciptanya ruang pelayanan menjadi tempat yang kondusif dalam melaksanakan proses pelayanan secara efektif dan efisien sehingga pelayanan publik belum optimal dilaksanakan," jelasnya.

Dalam melengkapi dan mendukung kegiatan ini, tersedia website untuk meningkatkan pelayanan secara digital yang berbasis teknologi informasi.

Anugrahwati berharap dengan adanya inovasi ini mampu menciptakan optimalisasi pelayanan publik dengan mewujudkan kantor sebagai rumah yang nyaman melalui ruang tunggu pelayanan yang telah disiapkan.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Sinjai Andi Tenri Rawe Baso menyambut baik dan mendukung dengan adanya inovasi MALAKUSI yang dilahirkan oleh Sekretaris DP3AP2KB Sinjai.

Menurutnya, tujuan dengan adanya inovasi MALAKUSI untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan di Kantor DP3AP2KB Sinjai.

"Kita melayani berbagai macam pekaanan di Kantor ini salah satunya Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga). Selain itu kita juga menerbitkan rekomendasi apabila terjadi pernikahan usia muda sebelum dilanjutkan ke Kantor Urusan Agama (KUA)," tuturnya.

Baca juga :  Rugikan Negara Rp 1,6 Miliar, PPK dan Konsultan Pengawas Proyek Bandara Selayar Ditahan

Dengan adanya inovasi ini kata Andi Tenri, membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi dan misinya khususnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik berlandaskan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, transparan dan partisipasi.

"Semoga inovasi ini bisa berkelanjutan dan dinikmati oleh masyarakat sehingga mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang kondusif," harapnya. (AaN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dibalik kepulangan Jamaah Haji Soppeng :Hj Anisah Menangis Haru Memeluk “Posi Bola” Rumahnya yang Terbakar 

PEDOMANRAKYAT,SOPPENG - Suasana dingin dan sesekali hujan rintik Ahad malam 15 Juni 2025 sekitar pukul 23,30 seakan menjadi...

PLT Kabid Sarana dan Prasarana Deli Serdang Diduga Langgar Aturan, Tunjuk Koordinator Penyuluh Tak Kompeten

PEDOMANRAKYAT, DELI SERDANG - Praktik dugaan pelanggaran aturan dan UU tentang penyuluh pertanian kembali terkuak di Kabupaten Deli...

Dari Medan Hingga Padangsidimpuan, Rakyat Kecil Menolak Dirut Telkomsel

PEDOMANRAKYAT, MEDAN - Rencana kunjungan Dirut Telkomsel, Dian Siswarini, ke Sumatera Utara dalam rangka agenda internal perusahaan, justru...

Pelantikan PSMTI Kalbar: Membangun Sinergi untuk Kemajuan Masyarakat

PEDOMAN RAKYAT - KALIMANTAN BARAT. Pelantikan Pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalimantan Barat (Kalbar) resmi digelar...