PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pelaksanaan pembelajaran Pendahuluan Fisika Kuantum pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar (UNM) menerapkan pendekatan berpusat pada dosen/guru. Pemahasiswaan mahasiswa pada aspek translasi dan aspek interpretasi dalam kategori sangat rendah.
“Mahasiswa belum mampu menerjemahkan atau mengalihkan suatu bahasa abstrak ke dalam suatu model bahasa sendiri, belum mampu menafsirkan bahan atau ide yang dalam bentuk grafik, peta konsep, dan tabel hasil pengamatan dan sulit menafsirkan kurva yang dibentuk oleh lebih dari dua variabel,” ujar Bunga Dara Amin dalam orasi penerimaan jabatan guru besar dalam Bidang Pendidikan Fisika Fakultas MIPA UNM 24 November 2022.
Guru besar yang dilahirkan di Soppeng 8 Januari 1957 tersebut mengatakan, kemampuan mahasiswa menafsirkan dan mengalihkan bahasa abstrak tersebut menggambarkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan FMIPA UNM pada aspek pemecahan masalah, keterampilan matematika, keterampilan penguasaan angka, kesadaran ruang, dan grafik serta keterampilan mengestimasi masih sangat rendah.
Perangkat pembelajaran fisika berbasis “hypermedia” yang dikembangkan, kata mahaguru dengan pangkat Pembina Utama Madya Golongan IV/d tersebut, telah memenuhi syarat kategori : kevalidan dengan skor rata-rata validasi program hypermedia 91,25%, skor rata-rata validasi materi pada program 95,83%, skor rata-rata validasi buku bacaan mahasiswa 94,79% dan skor rata-rata validasi LKM 97,06%.
“Kemenarikan terlihat dari skor respon mahasiswa dari aspek daya tarik 92,35% dan aktivitas kinerja mahasiswa per kegiatan skor rata-rata di atas 80%,” ujar lulusan ibu empat anak dan nenek tiga cucu ini.
Bunga Dara Amin yang lulus SDN 112 Ujung Pandang (1970) ini menambahkan, syarat kategori lain adalah kepraktisan yang terlihat dari skor aktivitas kinerja keterlaksanaan perangkat 84,74%, skor rata-rata respon mahasiswa terhadap fasilitas ‘hypermedia’ 90,35% serta responden mahasiswa terhadap aktivitas dengan mempergunakan ‘hypermedia’ 91,81% dalam kategori sangat baik.
Alumni SMPN 4 Ujung Pandang 1972 ini mengatakan, perangkat pembelajaran fisika berbasis ‘hypermedia’ yang dikembangkan telah memenuhi syarat keefektifan karena telah mencapai tujuan, yaitu adanya pengaruh peringkat pembelajaran fisika berbasis ‘hypermedia’ terhadap keterampilan pemecahan masalah. Ini terlihat dari skor rata-rata aktivitas kinerja di atas 80%. Hasil respons mahasiswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis ‘hypermedia’ 91,03% dalam kategori sangat baik. Terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa yang menerapkan perangkat pembelajaran fisika berbasis ‘hypermedia’ dengan pembelajaran media ‘power point’.
Prof. Dr. Bunga Dara Amin, M.Ed dalam orasi ilmiah yang berlangsung dalam Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Unversitas Negeri Makassar yang dipimpin Rektor Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.Tp, IPU, ASEAN Eng dan dihadiri sejumlah anggota Senat Guru Besar UNM tersebut, menyarankan, pengembangan pembelajaran ‘hypermedia’ agar memilih ‘software’ yang tepat dalam merancang ‘hypermedia’ pembelajaran.
“Pembelajaran dengan menggunakan ‘hypermedia’ hendaknya memperhatikan kesesuaian gaya belajar mahasiswa,” ungkap sulung dari empat bersaudara lulusan SMA PPSP IKIP Ujung Pandang tahun 1975 tersebut.
Sarjana Muda Fisika (BA) FKIE-IKIP Ujung Pandang tahun 1980 dan Sarjana Fisika (Dra.), FKIE-IKIP Ujungpandang (1983) ini menyebutkan, terdapat mahasiswa yang memilih gaya belajar audio, tepat jika digunakan media audio.
“Jika gaya belajar mahasiswa visual, maka pembelajaran dengan media visualisasi sangat tepat diterapkan,” ujar anak pasangan Drs. H. Muh. Amin (alm.) - Hj Halija Amin yang lulusan (S-2) ‘Master of Education (M.Ed.), Fukuoka, University of Education, Japan tahun 1992 tersebut.
Lulusan S-3 Ilmu Pendidikan (Dr.), Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar tahun 2016, dalam saran terakhirnya menyebutkan, jika gaya belajar mahasiswa melalui media visualisasi sangat tepat, begitu pula dengan gaya belajar kinestetik.
“Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar mahasiswa. Jika diberikan strategi yang sesuai dengan daya belajarnya, mahasiswa dapat berkembang dengan lebih baik,” istri Prof. Dr. M. Saleh Pallu, M.Eng, mantan Dekan Fakultas Teknik Unhas dan Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar tersebut mengakhiri inti orasinya. (MDA)
Biodata :
Nama Lengkap : Prof. Dr. Hj. Bunga Dara Amin, M.Ed.
Tempat/Tgl. Lahir : Soppeng, 8 Januari 1957.
Pangkat/Gol. : Pembina Utama Madya/Ivd.
Unit Kerja : FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Alamat Rumah : Kompleks Antang Jaya Blok B, No.15 Makassar.
Alamat email : bungadara.amin@unm.ac.id.
Keluarga :
Ayah kandung : Drs. H. Muh Amin (Alm).
Ibu kandung : Hj. Halija Amin.
Anak pertama dari 4 bersaudara.
Suami : Prof. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu, M.Eng.
Anak kandung :
Ir. Andry Perdana Saleh, ST, MT.
dr. Adriandy Saleh, S.Ked, Sp.B.
Ayuko Hirani Saleh, ST, M.Eng.
Muhammad Akbar Saleh.
Pendidikan :
Pendidikan formal
(Lulus) 1970 : SDN 112, Ujung Pandang.
1972 : SMPN VI, Ujung Pandang.
1975 : SMA PPSP IKIP, Ujung Pandang.
1980 : S0, Sarjana Muda Fisika (BA), FKIE-IKIP Ujung Pandang.
1983 : S1, Sarjana Fisika (Dra.), FKIE-IKIP Ujung Pandang.
1992 : S2, Master of Education (M.Ed.), Fukuoka University of Education, Japan.
2016 : S-3, Doktor Ilmu Pendidikan (Dr.), Pasca Sarjana, Universitas Negeri Makassar.
Riwayat Pekerjaan :
Kepangkatan
1. 1980 : IIb, Pengatur Muda Tk.1, Asisten Muda.
2. 1983 : IIIa, Penata Muda, Asisten Ahli Madya.
3. 1986 : IIIb, Penata Muda Tk.1, Asisten Ahli.
4. 1994: IIIc, Penata, Lektor Muda.
5. 1997 : IIId, Penata Tk.1, Lektor Madya.
6. 2001 : IVa, Pembina, Lektor Kepala.
7. 2009 : IVb, Pembina Tk.1, Lektor Kepala.
8. 2014 : IVc, Pembina Utama Muda, Lektor Kepala.
9. 2022 : IVd, Pembina Utama Madya, Guru Besar.
Pekerjaan Profesi :
1. 1999-2005 : Penatar Guru Pemandu Bidang Studi IPA pada Guru-Guru SD se-Sulawsesi Selatan kerja sama antara Depdikbud Indonesia dan GTZ Jerman.
2. 1999-2005 : Penatar Kepala Sekolah SD se-Sulawesi Selatan kerja sama antara Depdikbud Indonesia dan GTZ Jerman.
3. 2011-2022 : Instruktur pada PLPG UNM.
Karya Ilmiah :
a. Internasional
1. International Journal of Education and Research (IJER), ISSN : 2201-6333 (Paper), ISSN : 2201-6740 (Online), Vol.1. No. 9. Issue 9 September 2014, “PortoFolio-Based Learning Model to Improve Critikal Thinking Skills” (ResearchGate), Muh Tawil, Bunga Dara Amin.
2. Internasional Journal of Education and Practice (IISTE), ISSN : 2222-1735 (Paper), ISSN : 2222-288X (Online), Vol. 7 No. 6, 2016. “The Development of Physics Learning Instrument Based on Hypermedia and Its Influence on The Student Problem Solving Skill” (Open Access), Bunga Dara Amin, Alimuddin Mahmud, Muris.
3. Educational Research and Reviews Academic Journals (ERR) Vol. 13 (7) pp, 230-235, 10 April 2018, ”Sketch strategy of knowledge in physisc learning and its influence on metacognitive” (Scopus), Bunga Dara Amin, Helmi A, Jasruddin M.
4. Internasional Journal of Teaching and Education (IJOTE) Vol VII No.2 ISSN : 2336-2022 tahun 2019, ”Implementation of Physics Learning Based On Hypermedia to Enhance Student”s Problem Solving Sklill” (Scopus), Bunga Dara Amin, A. Haris, A. Swandi.
5. Jurnal Pendidikan IPA, Vol.9 No. 2 ISSN : 2089-4392. tahun 2020, “The Interpreting Ability On Science Kinematic South Sulawesi, Indonesia” (Scopus), Bunga Dara Amin, E.P Sahib, Y.I Harianto, A.J Patendean, H. Herman, E.H. Sujiono.
6. Heliyon “Graphene Oxide Based Coconut Shell Waste : Synthesis by Modified Hummers Method and Characterization” (Scopus), Vol 8/Issue 8. ISSN : 240558440, August 2020 Penerbit: Elsevier BV, Hal. 1-25, E.H. Sujiono, Zurnansyah, D. Zabrian, Bunga Dara Amin, Sannur, J. Agus.
7. Key Engineering Material “Morphological Structural Analysis of Nd1 (Fe)0.2Ba1.8Cu3O7-δ Oxide Material” (Scopus), Volume 855 ISSN : 1662-9795 Juli 2020, SJR 0,18. Penerbit : Trans Tech Publications Ltd, Switzerland, Hal 117-122, Eko Hadi Sujiono, Nurul Fitriyah Mahendi, Abdul Haris, M. Yusriadi Dahlan, Bunga Dara Amin, Samnur, Dirfan Zabrian.
8. Journal of Physics (IOP): Conference Series, “Harnessing Technology-Enable Active Learning Simulations (TEALSim) on Modern Physics Concept” (Scopus), Volume 1521 Nomor 2 ISSN:1742-6588 Mei 2020 DOI : 10.1088/1742- 6596/1521/2/022004 SJR: 0,221 Penerbit Institut of Physics Hal. 117-124, A Swandi, Bunga Dara Amin, S Viridi and F D Eljabbar.
9. Proceeding, The 2nd Internasional Conference on Research Implementation and Education of Matematic and Science, ISSN 978-079-96880-8-8, Tahun 2015 di Universtas Negeri Yogyakarta, “Development of Virtual Laboratory Hypermedia Based on Atomic Physics At SMA Pinrang", Ahmad Swandi, Bunga Dara Amin, Haris, Subair.
10. Proceeding, 3 rd International Seminar on Science Education dengan judul “The Implementation of Problem Based Learning Model Toward Conceptual Understanding at Senior High School” ISSN11 : 2476-9533 Volume III tahun terbit Oktober 2017 penerbit Graduate School Yogyakarta State University, Indri Eka Putri, EPI and Herman Anis, HRM and Bunga Dara Amin, BDA and Palloan Pariabti.
11. Proceeding of 1st International Conference on Language, Innovation, Culture and Education, “Enhanging Science Generic Skills in Vocational Secondary School Try Using Generative Learning Model” ISBN : 978-967-13140-6-7 tahun terbit Agustus 2015 Penerbit ICLICE Hal : 1-14, Sudirman, Bunga Dara Amin, Agusmartawijaya.
12. Proceeding, 3rd International Seminar on Science Education “Implementation of Physics Leaning Instrument Based On Hypermedia to Increase Science Process Skill” ISSN: 2476-9533, terbit Oktober 2017 penerbit Graduate School Yogyakarta State University, Indri Eka Putri, Herman.
Nasional :
1. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2 “Jurnal Penelitian Pendidikan IPA”, e-ISSN : 2407-795X, p-ISSN : 2460-2582, Vol. 2 Nomor 8, Tahun 2022 berjudul “Physics Problem Based E Module Development to Improve Student’s Physics Concept Understanding” DOI : http : //doi.org/10.29303/ jppipa.v8i4.2009 Penerbit JPPIPA Hal. 2390-2395, Andi Ulfah Khuzaimah, Bunga Dara Amin, Kaharuddin Arafah.
2. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2 “Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako” ISSN : 2338-3240 Vol. 8 Nomor 1, April 2020 berjudul “Analisis Gaya Berfikir Sekuensial-Acak Abstrak dalam Memecahkan Masalah Fiska” Penerbit Jurusan Fiska UNTAD Palu Hal. 1-7, Dirgah Kaso Sanusi, Kaharuddin Arafah, Bunga Dara Amin.
3. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 5 Nomor 1, Tahun 2017 berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa” DOI : 10.26618/jpf.v5i2.342 Penerbit Unismuh Hal. 61-74, Herfinayanti Herfinayanti, Bunga Dara Amin, Aisyah Azis.
4. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 4 Nomor 2, tahun 2016 berjudul “Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa SMAN 1 Bontonompo” DOI : 10.26618/jpf.v4i2.314 Penerbit Unismuh Hal. 249-265, Sitti Awal, Ahmad Yani, Bunga Dara Amin.
5. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 3 Nomor 1, Tahun 2015 berjudul “Penerapan Media Simulasi menggunakan PHET (Physics Education and Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung” Penerbit Unismuh Hal. 1-10, Yuniar Ekawati, Abd Haris, Bunga Dara Amin.
6. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 3 Nomor 1, tahun 2015 berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII.5 SMP Negeri 14 Makassar” DOI : 10.26618/jpf.v3i1.253 Penerbit Unismuh Hal. 64-73, Tenri Ape P, Muh Tawil, Bunga Dara Amin.
7. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “ Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika” ISSN: 2548-6377 Vol.1 Nomor 14, Tahun 2018 berjudul : “Pengaruh Pembelajran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas IX MIA SMA Negeri 2 Barru” DOI 10.35580/jspf.v14il.6317, Penerbit Fisika FMIPA UNM, hal. 23-28, Ana Jayanti, Bunga Dara Amin.
8. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika” ISSN: 2548-6373 Vol. 11 Nomor 3, Desember 2015 berjudul “Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang” DOI :10.35580/jspf.v11i3.1730 Penerbit Jurusan Fisika FMIPA 34-Bunga Dara Amin UNM Hal. 222-228, Ela Fenny Pasangkin, Bunga Dara Amin, Abdul Haris.
9. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 3 Nomor 2, April 2015 berjudul “Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Model Makassar” DOI : 10.26618/jpf.v4i2.257 Penerbit UNISMUH Hal. 105-115. Andi Yurisah Prastika Wulandari, Muh Tawil, Bunga Dara Amin.
10. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 2 Nomor 2, tahun 2014 berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur di SMP Negeri 1 Pallangga Gowa” DOI : 10.26618/jpf.v2i2.224 Penerbit Unismuh Hal. 86-98.. Irfan Syahrul, Muh Tawil, Bunga Dara Amin.
11. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika” ISSN : 2548-6373 Vol. 11 Nomor 1, April 2015 berjudul “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Prosedural Fisika Peserta Didik SMAN 21 Makassar” DOI : 10.35580/jspf.v11i1.1468 Penerbit jurusan Fisika FMIPA UNM Hal. 72-81. Nur Rahmah S, Bunga Dara Amin, Ahmad Yani.
12. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 2 Nomor 2, tahun 2014 berjudul “Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevan, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas VII SMP DH Pepabri Makassar” DOI : 10.26618/jpf.v2i2.230 Penerbit Unismuh Hal. 147-153. Haspar Haspar, Bunga Dara Amin, Aisyah Azis.
13. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 3 “Jurnal Pendidikan Fisika” ISSN : 2302-8939 Vol. 2 Nomor 3, tahun 2014 berjudul “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto” DOI : 10.26618/jpf.v2i3.233 PidatoPengukuhan Profesor-35 Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Hal. 175-182, Andi Sri Putri Rustam, Muh Tawil, Bunga Dara Amin.
14. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4 “Indonesian Journal of Education Studies” ISSN : 2621-6736 Vol. 21 Nomor 2, tahun 2018 berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Mata Kuliah Fisika Dasar pada Jurusan Biologi FMIPA UNM” DOI : 10.26858/ijes.v21i2.8644 Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hal. 139-147, Afiq Agung, Bunga Dara Amin, Ahmad Yani, Ahmad Swandi.
15. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4 “Indonesian Journal of Education Studies” ISSN : 2621-6736 Vol. 19 Nomor 2, Tahun 2016 berjudul “Pengetahuan Metakognitif Mahasiswa Pendidikan Fisika” DOI : 10.26858/ijes.v19i2.3590 Penerbit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hal. 94-99, Hemi Abdullah, Bunda Dara Amin.
16. Prosiding, Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset dengan judul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hipermedia untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa di FMIPA UNM” ISBN: 978-602-9075-25-7 tahun terbit Juni 2016 Penerbit Lembaga Penelitian UNM Hal : 32-37, Bunga Dara Amin.
17. Prosiding, Prosiding Nasional Fisika (E-Journal) dengan judul “Kemampuan Memprediksi Peserta Didik dalam Fisika Tingkat SMA di Kota Makassar” Vol. VIII/2339-0654 Tahun terbit Desember 2019 DOI : 10.21009/03.SNF2019.01.PE.27 Penerbit Prodi Pendidikan Fisika dan Fisika FMIPA UNM Hal: 217-222, Herman Anis, Khaeruddin Arafah, Bunga Dara Amin.
18. Prosiding, Seminar Nasional Fisika FMIPA UNHAS “Analisis Pemahaman Konsep Fisika Kuantum Calon Guru Fisika dengan Memanfaatkan Simulasi Program PhET (The Physics Ed3. ucation Tecnology)”. ISBN 978-602-14842-0-3 tanggal 14- November 2013. Bunga Dara Amin, Vista Vitrani.
19. Prosiding, Pertemuan Ilmiah XXIX Himpunan Fisika Indonesia (HFI): ISSN: 0853-0823 Jateng & DIY Yogyakarta, di UNY tanggal 25 April 2015, “Pengembangan Media Simulasi Interaktif 36-Bunga Dara Amin Berbasis Web Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik”. Ahmad Swandi, Bunga Dara Amin.
20. Prosiding, Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset dengan judul “Peranan Strategi Sketsa Pengetahuan Terhadap Pemahaman Pengetahuan Metakognitif Mahasiswa Program Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar” ISBN : 978-602-6883-93-3 tahun terbit 2017 Penerbit Lembaga Penelitian UNM Hal :797-801, Bunga Dara Amin.
21. Prosiding, Seminar Research and Community Service Institute dengan judul “Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey” ISBN : 978-623-7496-14-4 tahun terbit 2019 Penerbit Lembaga Penelitian UNM Hal :386-399, Bunga Dara Amin, Nurhayati , Aisyah Azis, A Swandi.
Buku Ajar :
1. Fisika Kuantum, Penerbit UNM, ISBN 979-8416-02-3, Tahun 2008.
2. Pengantar Fisika Kuantum Berbasis Hipermedia, Penerbit : Edukasi Mitra Grafika ISBN : 978-602-6471-10-9, dan HAK CIPTA No. 000106929, Tahun 2017.
3. Fisika Dasar Berbasis Hipermedia Penerbit : Masagena ISBN : 978-602-74263-6-8, dan HAK CIPTA No. 000119582, Tahun 2018 4. Fisika Dasar Berazas Biologi, Penerbit : Masagena ISBN : 978- 602-61948-6-2, Tahun 2022.
Penghargaan :
1. Dosen Teladan II Tingkat Fakultas MIPA, 1995.
2. Penyaji terbaik pada Seminar Hasil Program Peningkatan Riset, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementristek, Tahun 2017.
3. Satya Lencana Karya Satya 10 thn, dari Presiden RI, 1997.
4. Satya Lencana Karya Satya 20 thn, dari Presiden RI, 2007.
5. Satya Lencana Karya Satya 30 thn, dari Presiden RI, 2019.