spot_img

JOIN Gowa Gelar Diskusi Pembinaan Anggota

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA – Penyegaran bagi anggota Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dilaksanakan di lokasi wisata Kurcaci, Kota Wisata Malino, Sabtu 18 Maret 2023, dengan menghadirkan Zulkarnain Hamson, Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) JOIN Nasional.

Acara dikemas dalam bentuk dialog. Tujuannya memberikan pemahaman yang baik pada metode penulisan berita dan akurasi fakta. Kali ini diselenggarakan Hendra Ketua DPD JOIN Gowa. “Sedianya akan diikuti 25 peserta namun karena kesibukan masing-masing hingga menjelang sore dihadiri 25 peserta. Diselenggarakan dengan metode diskusi aktif,” papar Hendra.

Diskusi dibuka dengan penyegaran pada fakta berita, yakni fakta empirik, fakta publik, fakta psikologis dan fakta opini. Jurnalis diingatkan tentang pentingnya memahami fakta sebelum menulis berita, materinya dibawakan Zulkarnain Hamson. Dilanjutkan dengan pemahaman dan penerapan etika dalam penulisan berita. Kekeliruan penulisan berita dikarenakan kurangnya pemahaman pada fakta dan etika.

“Pemberlakuan standar kompetensi jurnalis oleh Dewan Pers penting untuk menunjang perbaikan mutu berita,” ujar Zulkarnain Hamson, sembari menambahkan sekalipun yang penting dipahami bukanlah sertifikasi yang utama, melainkan pemahaman dan pengetahuan akan fakta dan etika berita.

Sesi malam penyegaran dilanjutkan dengan pembahasan etika, oleh Ketua DPD JOIN Kabupaten Takalar, Kemal Situru. Dibagi menjadi dua sesi etika profesi yakni Kode Etik Wartawan Indonesia oleh Zulkarnain Hamson, dan Kode Etik Organisasi JOIN oleh Nurdin Achmad, Ketua yang membidangi Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK).

OKK adalah bidang yang bertanggung untuk melakukan pembinaan anggota, ujar Nurdin, dengan menekankan pentingnya anggota JOIN Gowa, mengaktifkan kegiatan bulanan yang bermanfaat bagi anggota, organisasi, pemerintah dan masyarakat unum.

Baca juga :  Diberi Amanat Pimpin DPD LVRI Sulselbar, Panglima Ta' : Mari Bersatu dan Bekerjasama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Memasuki Tahapan Kampanye, Polsek Ujung Tanah Tingkatkan Patroli Dialogis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Menghadapi Pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar, Polsek Ujung Tanah meningkatkan patroli harkamtibmas,...

Dispora Sinjai Adakan Sosialisasi Pemuda Pelopor

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam rangka persiapan Pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2024, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sinjai...

KPU Bone Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 Segmen Komunitas Wartawan

PEDOMANRAKYAT,WATAMPONE -Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone gelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pemilu yang menyangkut hal penting peran Informasi...

Dihantam Ombak Tinggi KM Resky Tenggelam, 5 Orang Meninggal

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP - KM. Resky tenggelam pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 sekitar pukul 15.10 wita. Kapal ini...