Bahas Bandara Hasanuddin, Pasutri Mulyadi-Fatmawati Berhasil Raih Gelar Doktor di PPs UNM Prodi PVKT

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

Berdasarkan hal tersebut, Mulyadi menyimpulkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan, mulai dari chek in counter, AVSEC, keselamatan penerbangan, penunjang dan bagasi terhadap kepuasan penumpang Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan nilai kategori kuat.

Adapun temuan yang diperoleh yakni, ada pada budaya kerja dengan memanfaatkan Teknologi kecerdasan buatan/belajar yang berbasis penerapan teknologi 4.0 dengan system otamasi distrupsi teknologi dan harapan yang diharapkan yang paling utama adalah keselamatan Penerbangan. Kemudian, adanya perubahan Model kualitas pelayanan jasa pada PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin apabila terjadi lonjakan antrian penumpang maka pihak pengelola harus merubah model pelayanan

“Ini menjadi masukan untuk pembaharuan kebijakan peningkatan pelayanan yang diberikan kepada PT Angkasa Pura I sebagai Operator di Bandar Udara Sultan hasanuddin Makassar kepada penumpang sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan No PM 178 Tahun 2015 tentang Standar pelayanan pengguna jasa Bandar Udara,” tutup Mulyadi.

Di tempat yang sama, pada siang harinya, Fatmawati Sabur, juga memaparkan disertasinya, dihadapan Ketua Penguji Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, MPd, Promotor Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, MKes, MEng, IPU, Asean Eng, Kopromotor Prof. Dr. Purnamawati, MPd, Penguji Eksternal Pro. Dr Ing. Ir. Faizal Arya Samman, ST, MT, IPU, ACPE, Penguji Internal Dr. Ir. Muhammad Nasir Malik, MT, dan Penguji Internal Dr. Anas Arfandi, SPd, MPd.

Fatmawati menyampaikan, keterbaruan dari penelitiannya adalah model aplikasi mobile penunjuk arah lokasi fasilitas di terminal Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang menghasilkan desain petunjuk arah berbasis digital dengan memanfaatkan perangkat smartphone masing-masing pengguna jasa penerbangan yang sedang berada di dalam terminal.

Adapun rincian kebaruan desainnya, kata Fatmawati yakni, aplikasinya menerapkan tampilan sistem informasi petunjuk arah fasilitas layanan umum secara digital dan dapat digunakan oleh semua pengguna jasa penerbangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

Baca juga :  Perjalanan Tri-Lintas (6) : Keberanian Para Perempuan Penerima Kusala

Kemudian, aplikasi tersebut dapat dioperasikan di semua jenis smartphone secara online atau memanfaatkan jaringan internet. Aplikasi ini juga menampilam informasi arah jalur yang dapat ditempuh dari lokasi awal hingga tujuan. Juga menampilakan jarak dan waktu tempuhnya.

“Aplikasi ini dirancang sederhana sehingga memudahkan pengguna jasa penerbangan untuk memanfaatkannya,” pungkas Fatmawati. (zl)

1
2
TAMPILKAN SEMUA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BPOM Beberkan Pelanggaran Berat Mira Hayati dalam Sidang Kasus Kosmetik Bermerkuri

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap pelanggaran serius dalam proses produksi dan peredaran produk...

Kapolres Parepare Minta Jajarannya Tingkatkan Kinerja Jaga Kepercayaan Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Kapolres Parepare meminta jajarannya untuk meningkatkan kinerja, melakukan perencanaan inovasi dalam mendukung optimalisasi tugas kepolisian. Upaya...

Mafia Uang Palsu Digulingkan : Tersangka Utama Annar Sampetoding Diserahkan ke Kejari Gowa, 15 Orang Terlibat Sindikat

PEDOMANRAKYAT, GOWA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa resmi menerima penyerahan tersangka utama kasus peredaran uang palsu, Annar Salehuddin...

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Windiyatno : Seleksi Catar Harus Adil, Bersih, dan Objektif

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Windiyatno, memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Penerimaan Calon Taruna (Catar) Akademi...