Wamen Dikdasmen Dr. Fajar Riza Ul Haq: Deep Learning Fokus Perbaiki Kesejahteraan dan Administrasi Guru

Tanggal:

Follow Pedomanrakyat.co.id untuk mendapatkan informasi terkini.

Klik WhatsApp Channel  |  Google News

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR,- Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamen Dikdasmen) RI, Dr. Fajar Riza Ul Haq, M.A., menegaskan pentingnya reformasi sistem pendidikan melalui pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) dan perbaikan sistem administrasi serta kesejahteraan guru.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara utama dalam seminar nasional yang digelar Asosiasi Pengawas Sekolah (APKS) PGRI Sulawesi Selatan di Lantai 2 Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Kamis, 12 Juni 2025. Wamen didampingi sejumlah pejabat Kemendikdasmen RI dan Direktur BPJS RI, Sesdik Sulsel serta beberapa pejabat lainnya.

Selain Dr Fajar Rizal Ul Haq, seminar ini juga menghadirkan Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd., sebagai narasumber. Ketua PGRI Sulsel Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Si.

Turut hadir Sekretaris Umum PGRI Sulsel, Dr Abdi M.Pd, Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr Hj Ihyani Malik, M.Si, Wakil Rektor UNM dan undangan lainnya. Ketua APKS PGRI Sulsel, Dr. Pantja Nur Wahidin, M.Pd.

Dalam seminar mereka membahas berbagai perspektif penerapan deep learning di kelas, serta tantangan yang dihadapi guru dalam implementasinya.

Mengawali materinya, Dr. Fajar menyampaikan apresiasi atas undangan APKS PGRI Sulsel, yang menurutnya menjadi sinyal kuat bahwa kebijakan kementerian mendapat dukungan dari pemangku kepentingan pendidikan di daerah.

“Kami ingin menghadirkan Pendidikan bermutu untuk semua. Dalam enam bulan terakhir, Kementerian Dikdasmen fokus memperbaiki tata kelola dan meningkatkan kesejahteraan guru,” ujarnya.

Hadapi Disparitas Mutu

Salah satu tantangan utama pendidikan di Indonesia, lanjut Dr. Fajar, adalah disparitas mutu pendidikan antardaerah, khususnya antara wilayah barat dan timur. Untuk menjawab tantangan tersebut, Kementerian melakukan pendekatan melalui pembelajaran mendalam.

“Pembelajaran mendalam bukan hal baru. Negara-negara maju di Eropa sudah menerapkannya sejak tahun 1970-an. Ini adalah akselerasi yang penting untuk meningkatkan mutu pendidikan secara merata,” kata Dr. Fajar.

Baca juga :  UMI Pelatihan IT Fundamental Bagi Tenaga Kependidikan, Ini Harapan Rektor

Kementerian, ujarnya, saat ini sedang melatih para fasilitator dan guru untuk menerapkan model pembelajaran tersebut, termasuk mengirim guru ke Australia untuk belajar langsung praktik pembelajaran mendalam di sana.

1
2TAMPILKAN SEMUA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Direktur LBH Tana Luwu Minta Kapolda Sulsel Bertindak: Tangkap Kelompok Kriminal Bermotor Yang Mengancam Mahasiswa di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tana Luwu, Hasmin Suleman, SH, MH, secara tegas mendesak Kapolda...

Muliawan Adyakza Makmur, Menyatukan Pemuda Palopo, Merawat Harapan Kota

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Di sebuah kota pesisir Sulawesi Selatan yang perlahan bergeliat menjawab tantangan zaman, muncul sosok muda...

Nuryadin, Calon Ketua KNPI Palopo Ajak Pemuda Berkontribusi Pada Pembangunan Di Daerahnya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Pemuda dituntut mampu menjawab setiap tantangan yang ada, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai generasi...

Adakan Rapat Perdana, Ini Penegasan Ketua PGRI Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sinjai Kepengurusan periode 2025–2030 menggelar Rapat Kerja perdana di...